Puntung rokok

Kata Siapa Puntung Rokok Tak Bisa Didaur Ulang?

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tak selamanya asumsi bahwa perokok itu tak peduli pada lingkungan itu benar. Tak selamanya juga pendapat bahwa rokok merusak lingkungan itu bisa diyakini kebenarannya. Puntung rokok yang bisa didaur ulang setidaknya mampu menjadi pembantah dari segala opini tersebut.

Informasi tentang puntung yang bisa didaur ulang sebenarnya bukan sebuah kabar baru. Pada dasarnya perokok memang individu manusia yang kreatif. Apa saja bisa dijadikan bahan untuk kreatifitas termasuk rokok itu sendiri.

Sudah sering anda lihat bagaimana perokok mampu menjadikan bungkus rokok menjadi sesuatu yang lebih berguna seperti asbak rokok. Bahkan ada yang saking kreatifnya mampu mengubah sebuah bungkus rokok menjadi robot yang luar biasa besarnya.

Nah bungkus rokok saja bisa dimanfaatkan kembali, bagaimana dengan puntung rokok? Pada tahun 2017 sebuah perusahaan bernama Parompong yang berasal dari Jawa Barat melakukan kerjasama dengan Conture Concrete Lab menghasilkan sesuatu yang luar biasa dari puntung rokok.

Apa yang dihasilkan oleh mereka? puntung didaur ulang dan dijadikan berbagai macam produk bernilai jual, seperti asbak, pot bunga, tiling, dan furniture outdoor. Puntung rokok ini diambil dari sampah-sampah yang ada di sekitaran Bandung lalu diproses dengan menggunakan mesin hydrothermal.

Baca Juga:  Kebohongan Kampanye Perokok Pasif

Ya inovasi ini sebenarnya juga bentuk kritikan sih buat para perokok yang masih suka buang puntung rokok sembarangan. Bagaimana mau maju jika kita tak punya kesadaran dan justru akan terus berada dalam lubang hitam stereotip yang dibangun antirokok di luar sana akibat perlakuan kita sendiri.

Inovasi lainnya datang dari PT HM Sampoerna yang bekerja sama dengan Waste4Change untuk menciptakan puntung rokok yang bisa didaur ulang. Bedanya dengan Parongpong, Sampoerna akan menjadikan puntung sebagai salah satu bahan produk industri rumahan yaitu pengusir hama nabati untuk tanaman, bahan baku pembuatan produk berbasis beton, dan lain sebagainya.

Coba anda bayangkan betapa bermanfaatnya rokok di masa mendatang. Tak lagi menumpuk di tempat sampah tapi bisa mampu menjadi barang-barang yang bermanfaat. Saya malah curiga jangan-jangan suatu saat ada kendaraan atau bahkan pesawat luar angkasa yang terbuat dari puntung rokok, amin.

Bisa jadi puntung rokok juga dapat menjadi bahan dasar untuk membangun rumah, atau bisa saja jersey klub sepak bola. Bisa saja semua itu terjadi asal dengan syarat para perokok harus tetap menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah bekas rokok secara sembarangan.

Baca Juga:  Perang Troya, Perang Nikotin

Pasalnya barang apa pun yang bisa didaur ulang tetap harus dikumpulkan dalam satu tempat agar tidak tercecer. Bukan berarti setelah tahu bahwa puntung rokok kini memiliki teknologi yang ramah lingkungan lalu anda-anda semua menjadi kian semena-mena.

Atau justru malah lebih baik jika pengelolaan daur ulang itu bisa dimulai dari anda sendiri. Tak perlu menunggu tindakan-tindakan orang lain malah nyatanya menjaga lingkungan itu kewajiban semua orang. Jika kamu ikut menjaga dan merawat justru malah menjadi contoh yang baik dan semoga banyak perokok yang mengikuti apa yang kamu lakukan.

Tahun 2021, yuk tetap menjadi perokok santun yang peduli pada lingkungan!

Indi Hikami

TInggal di pinggiran Jakarta