Opini

Smoking Area Bus Jarak Jauh Itu Penting

Transportasi umum antar kota kini tengah bersaing dari sisi bentuk dan pelayanan. Ketersediaan smoking area bus menjadi salah satu yang vital dan menjadi keunggulan. Banyak bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), kini berlomba menampilkan perwajahan baru untuk terus memelihara kepercayaan konsumen.

Belakangan yang cukup hangat diperbincangkan, yaitu seputar fasilitas sleeper bus. Menikmati perjalanan jauh bagi para traveler tentu memiliki nilai tersendiri.  Sensasi yang berbeda dalam menikmati perjalanan bus maupun kereta ini akan terus menjadi pilihan para penikmat seni travelling.

Meski saat ini harga tiket pesawat berangsur lebih murah dalam beberapa dekade terakhir. Suasana perjalanan darat, bagi saya tentunya memiliki nilai pengalaman yang selalu menyenangkan. Beberapa teman traveler pun mendaku sama. Dan diperkirakan akan terus bertumbuh terkait bisnis transportasi darat ini.

Untuk itu, beberapa perusahaan penyedia transportasi darat seakan saling tak mau kalah untuk menunjukkan layanan yang disediakan. Semisal armada sleeper bus yang tergolong layanan mewah, memberi kenyamanan fasilitas tempat tidur bagi pelanggannya. Suasana perjalanan menjadi seperti di kamar sendiri.

Perusahaan bus Sinar Jaya yang mengambil jalur seksi di Pulau Jawa yakni Jakarta-Surabaya dan sebaliknya. Kini telah hadir kelas sleeper bus untuk memanjakan penumpangnya. Di dalamnya terdapat fasilitas yang lengkap per seat, ada power supply, personal entertainment (ebook, movies, games, music), bantal & selimut. Tak ketinggalan toiletnya pun tersedia.

PO Bus Rosalia Indah pun memiliki kelas sleeper bus yang tak kalah keren. Fasilitas pendukung perjalanan di kelas ini tak jauh berbeda dengan kelas sleeper bus lainnya, ditambah lagi ada pramugara ataupula pramugari yang siap membantu pelanggan di perjalanan. Layaknya kita di pesawat gitu deh.

Baca Juga:  Pesan Untuk Guru Yang Merokok

Dari kelas mewah ini, yang harga-rata tiketnya di kisaran 265 ribu-400 ribu, soal harga tiket tergantung rutenya juga. Masing-masing perusahaan bus ini punya keunggulan dan pelanggan loyal.

Satu hal yang menarik, dari sekian fasilitas ruang di dalam bus, penyediaan fasilitas smooking area tidak disediakan di kelas mewah tersebut. Kalau ruang toilet dijadikan area merokok tentu tidak elok dan kurang nyaman. Bahkan terlarang, karena berpotensi menggangu pelanggan lain.

Untuk ketersediaan smooking area, sependek pengamatan saya tak semua perusahaan bus menyediakannya. Kalaupun ada, itu mungkin hanya untuk kelas tertentu saja. Padahal ya, bagi saya yang kadang merasa asam mulut dan suntuk di perjalanan membutuhkan fasilitas ruang merokok.

Memang secara regulasi, kendaraan umum tergolong sebagai bagian dari Kawasan Tanpa Rokok (KTR). Namun, di dalam konteks KTR ini, penyediaan ruang merokok menjadi satu keharusan yang tak kalah penting. Terkait penyediaannya juga telah dijamin secara hukum melalui amanat konstitusi.

Sebagai perokok yang kerap berkesempatan menempuh perjalanan jauh, sekurangnya perjalanan Jakarta-Jogja, saya termasuk pelanggan loyal pada beberapa PO Bus yang menyediakan area merokok di dalam bus.

Salah satu PO Bus yang menjadi langganan saya adalah bus Murni Jaya. Area untuk sebats di bus ini berada di depan. Persis berada di area operasi sopir dalam mengendalikan kemudi. Agaknya, pihak perusahaan paham betul, bahwa kebanyakan pengemudi memiliki habit untuk tetap fokus dan rileks adalah dengan merokok.

Tak perlu heran jika Anda menumpangi bus Murni Jaya akan terlihat sopir armada ini sesekali merokok. Para penumpang yang merokok diperkenankan untuk merokok di area depan tersebut. Perlu diketahui, area sopir dan penumpang diberi sekat dan berpintu. Jadi, penumpang yang mau sejenak merokok harus melewati sekat tersebut.

Baca Juga:  Sudahkah Kawasan Tanpa Rokok Berjalan Efektif?

Biasanya, untuk merokok di area merokok dekat sopir ini dibatasi hanya untuk satu-dua orang saja. Jika ada penumpang lain yang ingin merokok, kita harus sadar diri untuk gentian. Dengan bergiliran seperti itu, bagi saya itu cukup fair sebagai kode etik tak tertulis yang mencerminkan kesantunan kita sebagai perokok.

Tak hanya bus Murni Jaya, armada Sumber Alam melalui kelas Bio Smart and Safe Bus-nya menyediakan juga fasilitas area merokok yang cukup menjawab persoalan perokok di perjalanan. Posisi area merokoknya berada di belakang. Berbeda dari Murni Jaya.

Selain itu, perlu diketahui lagi, armada PO Bus Murni Jaya yang satu ini memiliki sistem sirkulasi udara yang modern dan safety. Dari sisi lay out bangkunya pun tergolong memenuhi standar pembatasan yang berlaku merata akibat pandemi. Dari sini kita dapat menyimpulkan adanya pembaharauan yang dapat menciptakan rasa aman dan nyaman bagi pelanggan bus Sumber Alam.

Bagi kita perokok dan membutuhkan area merokok di perjalanan, armada Sumber Alam yang ini juga dapat menjadi rekomendasi Anda untuk perjalanan antar kota. Anda dapat menikmati perjalanan dengan tetap bisa sebats pada tempatnya, dengan demikian amanat kita sebagai perokok santun terjaga senantiasa.

Penulis di Komunitas Kretek

Leave a Reply

Your email address will not be published.