Press ESC to close

Cukai Rokok 2025 Tidak Boleh Naik!!

“Cukai rokok 2025 tidak boleh naik lagi!!”. Saya pun yakin banyak orang yang sepakat akan hal itu. Terutama mereka yang bergelut di Industri Hasil Tembakau. Karena memang kenaikan cukai rokok ini justru menjadi sikap bahwa pemerintah lebih berpihak kepada anti rokok. Pemerintah ingin perlahan menyiksa Industri Hasil Tembakau. Mematikannya pelan-pelan. Sudah pasti rasanya sakit. Tersiksa.

Karena disadari atau tidak, ketika cukai rokok terus dinaikan efeknya sangat buruk. Hulu-hilir pada Industri Hasil Tembakau seolah berada di pinggir jurang kematian. Akan saya jabarkan satu-satu tentang dampak buruk dari kenaikan cukai rokok.

1. Pendapatan Negara Turun

Jangan salah, kenaikan cukai rokok yang dilakukan pemerintah dengan harapan ingin memalak pemasukan melalui mulut-mulut perokok justru menjadi boomerang. Cukai rokok yang digadang-gadang sebagai penerimaan negara yang tidak kecil justru tidak sesuai target.

Hal ini persis yang terjadi pada tahun 2023. Pada tahun itu, penerimaan negara turun dari Cukai Hasil Tembakau. Kementerian Keuangan juga mengakui bahwa hal itu adalah efek dari kenaikan cukai rokok yang dilakukan secara terus-menerus.

Baca Juga:  Menyoal Dukungan Politik Petani Tembakau

2. Maraknya Rokok Ilegal

Berhubung pendapatan negara turun, mungkin ada dari kalian yang berpikir bahwa perokok berkurang. Salah kalau kalian berpikir seperti itu. Sebab di tengah kenaikan cukai rokok yang berimbas pada harga yang tidak sesuai kantong masyarakat Indonesia, maka perokok akan beralih ke produk lain. Rokok ilegal misalnya. Pun hal ini terbukti bahwa Bea Cukai terus menerus menemukan banyak rokok ilegal di berbagai kota. Setiap saat setiap waktu biasanya ada berita pemberantasan rokok ilegal. Miris.

3. Buruh Terancam Kena PHK

Sudah harga rokok mahal, perokok geser ke rokok ilegal, lalu bagaimana nasib buruh di pabrik rokok? Misal buruh rokok Gudang Garam, buruh rokok Djarum, dll, dll. Bagaimana nasib mereka? Sangat-sangat bisa mereka akan terancam kena PHK. Bayangkan bagaimana nasib banyak buruh itu ketika di PHK. Sedangkan kita tahu bahwa mencari pekerjaan tidaklah mudah. Hal ini persis ketika membaca berita soal buruh rokok di Jawa Timur terancam PHK karena kenaikan cukai rokok. Miris.

Baca Juga:  Ramadhan di Tengah Pandemi dan Pelajaran Saling Menghargai

4. Alarm Berbahaya bagi Petani Tembakau

Jangan dilupakan juga nasib petani tembakau. Lantaran ketika cukai rokok dinaikan maka tembakau sangat bisa terkena dampaknya. Tembakau bisa jadi akan berkurang karena para petani merasa tidak untung karena menanam tembakau. Tembakau akan dihargai dengan harga yang tidak seperti biasanya. Sebut saja seperti petani tembakau.

Temanggung yang memiliki kualitas tembakau yang bagus kerap mengeluh lantaran kenaikan cukai rokok ini membuat harga tembakau tidak sesuai yang diharapkan. Sehingga kenaikan cukai ini sangat berimbas pada petani tembakau. 

Itu empat konsekuensi ketika cukai rokok terus dinaikan. Oleh karena itu, cukai rokok tidak boleh naik lagi di tahun 2025. Biarkan industri tembakau tumbuh subur di bumi nusantara. Tabik!   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *