Empat Hal Yang Bikin Kretek Super Nikmat Di Pagi Hari

4 Manfaat Abu Rokok yang Dapat Digunakan Saat Darurat

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Abu rokok seperti juga ampas produk konsumsi lainnya kerap dinilai sebagai sesuatu yang tidak berguna. Lantaran mungkin belum terlalu banyak orang tahu mengenai manfaatnya. Selain itu, sebagian masyarakat juga terlanjur percaya akan bahaya rokok bagi kesehatan. Sehingga produk legal tersebut sepenuhnya diyakini lebih banyak mudharatnya ketimbang manfaatnya.

Sebagaimana kita ketahui, bahan baku rokok adalah tembakau yang di dalamnya terkandung nikotin. Nikotin bukanlah zat yang sepenuhnya berbahaya bagi tubuh seperti yang kerap dikampanyekan para pembencinya. Nikotin juga turut membantu bertumbuhnya sel darah baru serta memberi efek rileks.

Kali ini kita coba lihat sisi lain di luar kandungan nikotin pada rokok. Yakni abu rokok yang merupakan hasil pembakaran. Tidak seperti hasil pembakaran pada kendaraan bermotor. Abunya rokok justru bisa dimanfaatkan untuk beberapa hal darurat.

Pertama, jika kita tengah mengalami luka akibat suatu musibah kecil. Abu rokok dapat dijadikan sebagai pengganti obat luka. Sangat berguna sekali sebagai obat anti infeksi. Caranya mudah saja, cukup oleskan abu rokok pada bagian tubuh yang sedang luka. Biarkan keajaiban dari hasil pembakaran rokok itu bekerja secara alamiah.

Baca Juga:  Replika Keren dari Korek Api

Kedua, abu dari rokok juga mampu mengentaskan penyakit kutu air di sela-sela jari kaki. Biasanya kita kerap merasa terganggu akibat gatal-gatal yang disebab bakteri tersebut. Nah, salah satu cara alternatif untuk menegentaskan kutu air ini cukup dengan memanfaatkannya. Caranya pun cukup dengan mengoleskan abu rokok ke sela jari kaki yang terserang kutu air.

Ketiga, abu rokok juga dapat membantu merekatkan benda-benda yang patah. Jika kamu pesimis pada daya rekat lem yang kamu punya. Tak ada salahnya kamu coba libatkan unsur abu . Caranya tidak seberapa sulit, hanya perlu dicampurkan dengan lem kayu atau lem plastik. Tentu dengan komposisi yang sesuai. Lalu oleskan dibagian yang ingin direkatkan. Campuran abu rokok dan lem ini membuat daya rekat lebih maksimal dan tahan lama.

Keempat, jika kamu ingin membuat bibit tanaman lebih tahan lama, kamu dapat menggunakan abu rokok pada benih atau biji tanaman di botol tempat penyimpanan. Caranya sederhana saja, campurkanlah abu  pada benih atau biji tanaman, keberadaannya sangat mengawetkan bibit tanamanmu. Selain itu, abu dari rokok juga dapat dijadikan pupuk untuk menyuburkan tanah.

Baca Juga:  Pomade Bung Kretek

Di luar keempat manfaat tersebut, ada satu hal ajaib yang patut jadi catatan juga. Bahwa abu dari rokok dapat menyaring air tanah di Mongolia yang diketahui telah tercemar arsenik alami Menurut para peneliti dari Chinese Academy of Science yang dipimpin oleh Jiaxing, ilmuwan-ilmuwan Tiongkok dari universitas tersebut berhasil menemukan sebuah lapisan penyaring air murah yang berasal dari abu  dari rokok. Dengan kata lain, abu rokok dapat dipakai sebagai bahan utama dari lapisan filter untuk memurnikan air, khususnya dari zat arsenik.

Jibal Windiaz

anak kampung sebelah