Paket Buka Puasa Sederhana Kretekus

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Bulan Ramadan adalah bulan di mana umat muslim di dunia melaksanakan ibadah puasa, termasuk para kretekus yang beraga Islam. Artinya, semua umat muslim wajib menahan makan dan minum mulai dari terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari, termasuk juga menahan nyebat tentunya. Ya, nyebat juga termasuk aktivitas yang bisa disamakan dengan minum. Oleh sebab itu, wajib bagi para kretekus untuk menahannya sampai waktu buka puasa tiba.

Menjelang waktu buka puasa, banyak sekali orang yang lalu-lalang di jalanan, mulai dari para pekerja, ibu rumah tangga sampai mahasiswa berburu jajanan takjil. Biasanya, yang mereka buru makanan dan minuman yang manis-manis karena dianggap sebagai bentuk melaksanakan sunnah nabi.

Nah, sebagian kretekus biasanya punya menu paket berbuka. Sederhana dan nggak muluk-muluk dan pastinya terjangkau. Berikut ini paket menu buka puasa ala kretekus yang sudah bertahun-tahun dilakukan.

Teh Manis Hangat

Alasan memilih teh manis karena belum sanggup beli es buah. Akhirnya pilih yang ada di dapur aja, yang penting berbuka dengan yang manis. Karena berbuka dengan mang manis-manis itu sunah rasul. Sebagian kretekus biasanya menyiapkan teh manis hangat untuk menu pembuka buka puasa. Konon, dalam dunia medis, teh manis dapat meningkatkan energi tapi bagi sebagian kretekus, minum teh manis biar ngenakin mulut sebelum merokok.

Baca Juga:  Kretek Punya Andil Besar dalam Pembangunan Rumah Sakit

Gorengan

Setelah meneguk segelas teh manis, sebagian kretekus tidak terbiasa langsung makan makanan berat seperti nasi. Biar makin enak saat merokok, nyomot gorengan dulu. Apalagi tahu goreng, tempe goreng, bakwan, pisang goreng, dan aneka gorengan masih hangat, ajib dah. Sebab, para kretekus tahu bahwa mereka harus melaksanakan ibadah salat magrib. Kalau langsung makan nasi dikhawatirkan kurang nyaman salatnya karena terlalu kenyang. Maklumlah, kebanyakan kretekus memang rajin beribadah. Untuk urusan ibadah memang harus dibuat nyaman.

Rokok

Minum teh manis sudah, makan gorengan juga udah, apalagi yang ditunggu selain merokok. Yups, rokok adalah sajian wajib kretekus saat berbuka puasa. Kayak ada yang kurang aja kalau tidak ada rokok. Apapun kondisinya, rokok jadi menu utama kretekus saat berbuka. Entah itu rokok teman, rokok sisa sahur, yang penting rokok. Titik.

Air Putih

Setelah menyantap gorengan, air putih adalah hal yang wajib untuk menyudahi santapan berbuka puasa bagi kretekus. Sebaik-baiknya merokok ya harus minum air putih setelahnya. Karena sudah lazim diketahui, air putih mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. Selain untuk menetralisir tubuh dari berbagai macam racun yang berpotensi sebagai penyakit, air putih juga mampu menaikkan kembali ion tubuh yang hilang dan mampu meningkatkan kinerja otak para kretekus yang seharian telah terkuras untuk bekerja.

Baca Juga:  Pemanfaatan Sampah Rokok

Nah, itulah paket menu buka puasa khas sebagian kretekus di penjuru nusantara. Selain sederhana, menu ini juga masih ramah bagi kesehatan tubuh. Terakhir, selamat menjalankan ibadah puasa para kretekus. Bagi kretekus yang tidak puasa, upayakan untuk menghormati yang sedang berpuasa.

Muhammad Yunus

Mahasiswa UIN Jakarta doyan ngisap Rokok