review rokok moden

Review Rokok Moden, Produk Cina yang Beredar di Indonesia

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Ada sebuah pepatah lama yang menyatakan jangan pernah membeli barang dari Cina. Mengapa? Karena kualitasnya yang diragukan alias tak awet untuk bertahan lama. Jika sebuah barang itu adalah sebuah merek rokok? Apa benar juga jika rokok tersebut tak punya kualitas soal rasa dan tak mampu bertahan lama? Mari kita ulas sebuah merek rokok bernama Moden.

Rokok tersebut bisa kita mudah jumpai di daerah Jawa Timur dan Bali. Sejarahnya, produk ini merupakan rokok sigaret putih mesin asal Cina yang diproduksi oleh China Tobacco Zheijiang Industrial. Rokok yang dulunya bernama Modeng ini awalnya merupakan diimpor melalu PT Spencer Indonesia International yang juga berlokasi di Pulau Dewata. Fakta menarik lainnya adalah popularitas rokok tersebut juga berkat andil dari adanya bantuan distribusi dari Alfamart

Pada 2016, CTZI kemudian mengakuisisi PT Kolang Citra Abadi yang bertempat di Sidoarjo. Moden lalu menjadi produk utama yang dibuat oleh PT Kolang Citra Abadi. Dari segi bungkus, rokok ini sebenarnya tak jauh berbeda dari produk serupa yang dibuat dan dijual di negeri asalnya, Cina. Yang membedakan adalah terdapat tulisan PT Kolang Citra Abadi berikut juga imbauan dan gambar seram yang merupakan peraturan dari pemerintah.

Baca Juga:  Ketika Chairil Dipisahkan Dengan Rokok

Secara rasa, rokok ini seperti layaknya rokok putih biasa dan tak begitu spesial. Maklum saja mengingat tidak adanya racikan tembakau dan cengkeh di dalamnya. Kadar tar di rokok ini sebesar 9 miligram sedangkan nikotin sebesar 0,8 miligram. Beberapa perokok menyebutkan bahwa Moden memiliki rasa yang mirip dengan Rokok Halim buatan dari PT Halim Wonowidjojo dari Kediri. Durasi bakar rokok ini sekitar delapan hingga sembilan menit, sangat cocok untuk kalian yang tak punya banyak waktu untuk istirahat.

Satu bungkus Moden dihargai seharga 17 hingga 18 ribu rupiah dan tergolong cukup murah ketimbang rokok putihan lainnya. Meski harganya murah akan tetapi rokok ini tak bisa dijumpai di banyak tempat. Mungkin bagi anda yang tinggal di Jawa Timur dan Bali akan cukup mudah menemui rokok ini.

Kesimpulannya adalah Moden adalah representasi stereotip orang tentang produk asal Cina pada umumnya. Barang murah namun tak memiliki kuantitas yang luar biasa. Begitu juga dengan rokok tersebut. Akan tetapi bagi kalian penggemar rokok putih dan suka dengan produk-produk yang tak begitu umum maka silahkan sangat cocok untuk mencoba rokok ini.

Baca Juga:  Membuat Asbak dari Kaleng Minuman Bekas
Indi Hikami

TInggal di pinggiran Jakarta