Pembahasan Perda KTR

Ini Cara Berhenti Merokok Paling Efektif

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kadang saya heran, mengapa banyak sekali orang yang menginginkan orang lain untuk berhenti merokok. Sampai-sampai, mereka kerap mengirimkan tautan artikel tentang cara berhenti merokok. Saya adalah salah satu korbannya, korban dari keinginan orang-orang yang ingin saya tidak lagi mengisap rokok.

Meski begitu, saya sebenarnya cukup memahami alasan mereka. Hanya saja, mau bagaimana lagi, pemmikiran saya dan mereka memang berbeda. Jadi, cara berpikir terkait rokok yang tak sama ini tentu akan menghasilkan tata laku yang berbeda juga. Tak bisa toh memaksakan semua orang untuk berlaku sama.

Sebenarnya, ketimbang mereka dengan sengaja mengirimkan tautan, memaksa untuk berhenti merokok, lebih baik mereka memberikan penjelasan dari hati ke hati. Itu pun lebih baik jika mereka tidak memberikan penjelasan dengan tujuan agar mereka berhenti merokok. Beri saja penjelasan kenapa kalian tidak suka jika dia itu merokok.

Hal tersebut akan membuat kami para perokok bisa memahami maksud baik kalian. Dan kami pun tentu akan memberikan penjelasan tentang alasan mengapa kami perlu merokok. Jika sudah bicara dari hati ke hati, tentu komunikasi antar personalnya akan menjadi lebih baik.

Baca Juga:  Liliyana Natsir Dan Bakti Nyatanya Untuk Negeri

Setidaknya, walau tidak berhenti, perokok perlu diberikan pemahaman agar mereka tidak mengganggu kenyamanan kalian dengan paparan asap rokok. Pun begitu yang merokok ketika sadar, bisa meminta ruang atau tempat atau waktu untuk sekadar merokok. Mudah dan menjadi jalan tengah bukan?

Kalau pun nantinya, keputusan untuk berhenti merokok terjadi, itu adalah keputusan yang diambil si perokok dengan sadar dan tanpa paksaan. Hal ini nantinya bakal membuatnya jadi benar-benar bisa meninggalkan aktivitas merokok. Ketimbang dipaksa, nanti malah berhentinya kucing-kucingan saja.

Saya kira, inilah cara berhenti merokok paling efektif yang bisa dilakukan oleh semua orang. Efektif tentu dalam artian si perokok bisa dengan kesadaran penuh memutuskan, dan bisa melaksanakannya. Karena, buat apa sih pura-pura berhenti merokok kalau memang tidak suka dipaksa. Toh memang tidak ada orang yang suka dipaksa, bukan?

Begitu kira-kira cara berhenti merokok paling efektif menurut saya. Kalau mau digunakan silakan, kalau tidak ya jangan paksa orang lain berhenti merokok dong.

Baca Juga:  Musim Listrik Padam Tiba, Para Perokok Wajib Memperhatikan Tiga Hal Ini
Aditia Purnomo

Bukan apa-apa, bukan siapa-siapa | biasa disapa di @dipantara_adit