jumlah perokok
Ragam

Ternyata Rokok Dapat Menyebabkan Beberapa Hal Ini

Seringkali mata kita tertuju pada sebuah tulisan yang tertera di bawah gambar seram di bungkus rokok. Tulisan “Rokok dapat menyebabkan bla bla bla” itu sudah pasti anda ketahui. Tentu sudah barang pasti tulisan itu menjadi perdebatan karena hingga saat ini tidak ada orang yang terkena penyakit serius dan rokok dijadikan alasan tunggalnya.

Akibat dari tulisan yang provokatif itu, salah seorang stand up komedian asal Sidoarjo, Insan Nur Akbar pernah mengeluarkan sebuah jokes yang sangat jenaka. Dirinya mematahkan segala anggapan bahwa merokok menyebabkan penyakit dengan patahan yang jenius.

Begitu juga dengan tulisan ini dibuat. Sebenarnya saya juga ingin menyertakan berbagai akibat yang ada dari aktivitas merokok. Tentu bukan akibat-akibat yang menyeramkan, mengingat banyak hal positif yang bisa didapat dari merokok.

Rokok Dapat Menyebabkan Pertemanan Tambah Solid

Saya rasa tak banyak perokok yang pelit, kalau pun pelit bukan berarti mereka tak akan sepenuhnya menjaga rokok mereka agar tak diambil orang lain. Tapi selebihnya, dia tetap menjadi orang yang yang mewarnai tongkrongan.

Baca Juga:  Saus Rahasia si Gadis Kretek

Bagaimana dengan yang tak pelit? Tentu rokok mampu menjadi penguat soliditas sesama penghuni tongkrongan. Konsep subsidi silang pun terjadi, yang sedang punya rejeki memberi kepada yang membutuhkan dan kita pasti tahu bahwa roda rezeki itu pun akan berputar.

Rokok Dapat Menyebabkan Ketenangan Jiwa

Pepatah lama Zimbabwe berbunyi: teman terbaik di saat kamu sendiri adalah rokok. Tidak berlebihan menyatakan pepatah ini benar. Waktu overthinking akan semakin nikmat jika ditemani sebatang rokok.

Saya yakin banyak dari antara perokok yang akan bela-belain beli rokok di tengah malam ketika pikiran suntuk tiba. Ya memang benar, bahwa selain dapat menyebabkan pertemanan tambah solid, rokok juga dapat menenangkan jiwa.

Rokok Dapat Menopang Pembangunan Negara

Coba anda cari di berbagai riset berapa pemasukan negara dari keuntungan cukai rokok? Tak terkira jumlahnya. Coba anda lihat berapa banyak masyarakat yang bisa kerja karena industri hasil tembakau? Sangat banyak juga. Itulah kenapa industri tembakau disebut industri padat karya.

Dua hal itu saja cukup menjadi bukti bahwa rokok memang menyokong negara di sektor ekonomi dan ketenagakerjaan. Tapi di sisi lain masih banyak yang menderita seperti para petani tembakau dan cengkeh yang tidak diperhatikan.

Baca Juga:  3 Merek Rokok Mild Baru yang Perlu Anda Coba

Begitu juga dengan perokok yang selalu diperah dengan harga rokok yang mahal dan diikat regulasi yang kian ketat. Memang, rokok dapat menopang pembangunan negara, namun sebaliknya negara belum bisa memakmurkan rakyatnya.

Penulis di Komunitas Kretek