Empat Hal Yang Bikin Kretek Super Nikmat Di Pagi Hari
Ragam

Ini Dia Cara Membersihkan Paru-paru Perokok

Paru-paru adalah organ penting kita yang harus mendapatkan perhatian. Apalagi berbagai produk konsumsi yang kita nikmati setiap waktu memiliki faktor risiko, tak terkecuali rokok. Nah, terkait organ penting itu, ini dia cara membersihkan paru-paru perokok.

Pada dasarnya sih paru-paru bisa membersihkan dirinya sendiri, namun, tidak ada kelirunya jika kita berupaya merawat kesehatan paru-paru. Hal ini kita lakukan untuk memastikan bahwa paru-paru kita dapat bekerja dengan baik. Itu sih intinya.

Bukan apa-apa, polusi udara kendaraan bermotor serta sumber lainnya, berpotensi betul membuat sesak dada, tersumbatnya saluran pernafasan sehingga terjadi peradangan. Hal itulah yang menyebabkan paru-paru mengeluarkan lendir, untuk menangkap kuman dan bakteri yang ada di paru-paru. Secara otomatis itu akan keluar melalui saluran pernapasan.

Ini dia cara membersikan paru-paru perokok, sebagai acuan bagi kita yang mungkin luput melakukannya. Sederhana saja kok. Cukup alokasikan waktu secara teratur, tak lebih dari 30 menit.

Pertama, teraturlah berolahraga. Paling tidak, lakukan jogging dan menghirup udara segar, sebaiknya sih di pagi hari ya, lur. Hitung-hitung sembari membersihkan halaman rumah, misalnya. Jika waktu kita sempit, iya paling kurang 10-15 menit melakukan peregangan tubuh. Aktivitas ini berkontribusi betul terhadap kesehatan loh, lur.

Baca Juga:  Rokok Daging, Candaan Kontroversial Khas Perokok

Kedua, lakukan terapi uap. Fungsi terapi ini untuk membuka jalan napas. Sehingg dapat membuat lendir di paru-paru menjadi kering dan hilang. Terapi uap ini tidak memakan waktu lama kok, iya paling lama 10 menit.

Ketiga, mengonsumsi teh hijau. Tahu kan ya, kalau teh hijau itu mengandung antioksidan yang baik. Ia dapat mengurangi inflamasi pada paru-paru kita. Selain itu, meminum teh hijau dapat membantu melindungi jaringan paru-paru loh, lur. Coba deh.

Keempat, lakukan kegiatan olah napas. Bagi teman-teman yang suka berkegiatan teater, metode olah napas ini pastilah bukan sesuatu yang asing lagi. Semacam melakukan olah meditasi, mengatur aliran napas agar lebih terkontrol. Dengan rutin melakukan olah napas, secara otomatis ini akan menjaga fungsi-fungsi organ pernapasan kita, termasuk paru-paru.

Kelima, makan makanan yang bersifat antiperadangan. Tahu sendiri kan, peradangan bisa membuat kita sulit bernapas dengan normal, ciri-ciri umumnya terasa sesak dada. Untuk itu, jangan pantang untuk mengonsumsi sayuran hijau, kacang-kacangan. Mengonsumsi ceri dan blueberi juga bagus untuk melindungi dari peradangan.

Baca Juga:  Review Rokok Nusa Habbat's, Hanya untuk Warga Nahdliyin?
Penulis di Komunitas Kretek

You might also like