perokok pasif

Perdebatan Tentang Rokok Paling Enak

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tongkrongan akan selalu harmonis jika tersedia rokok dan kopi. Akan tetapi kedamaian itu akan segera hilang jika perdebatan soal rokok paling enak tiba-tiba muncul. Pasti akan ada saja bigot-bigot yang mengklaim bahwa rokok idamannya yang paling enak untuk dihisap. Padahal citarasa soal rokok tidak selebar daun kelor.

Sulit menemukan kebenaran tunggal tentang rokok paling enak di Indonesia bahkan di dunia ini. Tuhan menciptakan akal dan sepaket juga dengan fisik serta lidah yang berbeda-beda maka sudah pasti dengan demikian selera akan mengikuti.

Setidaknya ada tiga jenis rokok yang paling populer di Indonesia. Pertama adalah rokok yang berasal dari kawasan Kudus dan sekitarnya, kedua dari Jawa Timur, dan ketiga rokok putihan. Tiga model ini memberikan citarasa dan karakteristik yang berbeda-beda pula juga.

Rokok asal Kudus memiliki karakter rasa yang lebih manis serta aroma yang lebih wangi. Sedangkan produk dari Jawa Timur cenderung lebih pedas dan gurih. Kalau rokok putihan sih anda tahu sendiri biasanya disukai oleh kalangan perkotaan.

Baca Juga:  Menyikapi April Mop ala Kretekus

Biasanya orang-orang di kawasan Jawa Barat dan Jawa Tengah akan menganggap bahwa rokok terbaik adalah yang berasal dari Kudus. Namun ada juga yang dari luar daerah tersebut yang menyebutkan rokok asal Jawa Timur yang paling nikmat. Tapi ini bukan sebuah rumusan baku, di tiap-tiap daerah ada saja yang menyukai keduanya.

Dengan demikian sebenarnya tak penting untuk membahas rokok paling enak. Sampai kapanpun tak akan bisa dipaksakan untuk menyukai rokok lain apalagi merek yang berseberangan. Malah jika dipaksakan justru feel kenikmatan rokok itu sendiri akan berkurang.

Rokok paling enak justru adalah rokok yang dibeli sendiri dengan halal dan dinikmati bersama dengan teman-teman di kala senggang. Bisa juga di saat tengah malam saat waktu overthinking tiba atau justru saat setelah makan.

Jadi sudahi perdebatan tersebut. Karena jika temanmu yang punya selera bersebrangan sedang kere dan tidak memiliki rokok, pasti dia akan meminta rokokmu dengan iba, serta seolah-olah lupa bahwa perdebatan sengit itu pernah ada.

Baca Juga:  Kapulaga, Salah Satu Rempah Berkhasiat Dalam Komponen Kretek
Indi Hikami

TInggal di pinggiran Jakarta