Review Rokok MLD Black, Coba-Coba Berujung Kesuksesan

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Banyak yang mengira bahwa rokok MLD Black dan MLD biasa adalah dua produk Djarum dengan model yang sama namun hanya beda warna. Pendapat tersebut sudah pasti salah mengingat ada perbedaan signifikan di antara keduanya. Selain itu ada inovasi yang dicoba diusung Djarum dari salah satu produk tersebut.

Rokok MLD biasa lahir terlebih dahulu. Produk ini adalah salah satu varian sigaret kretek mesin dengan jenis low tar low nikotin dari Djarum yang cukup sukses di pasaran. Di tulisan sebelumnya saya pernah menyebut bahwa produk ini adalah yang paling worth it di kelasnya.

Djarum kemudian mau coba-coba lagi untuk mengulang kesuksesan tersebut. Perusahaan asal Kudus itu tau banyak pecinta MLD namun ingin merasakan rokok yang lebih berat. Maka kemudian dimunculkan rokok MLD Black yang masuk dalam kategori SKM berjenis Full Flavor.

Apa sih perbedaannya? Jelas dari kadar tar dan nikotinnya. Rokok MLD Black memiliki kadar tar yang lebih tinggi yaitu 29 miligram dan nikotin sebesar 1,5 miligram. Kadar tersebut jadi ciri khas rokok-rokok SKM Full Flavor yang memiliki tarikan yang berat.

Baca Juga:  Kandungan Rokok Ini Ternyata Menyehatkan

Tapi menariknya, sepertinya Djarum sengaja untuk membuat bungkus dua rokok tersebut mirip namun hanya dengan warna berbeda. Ini adalah trik penjualan yang baik agar konsumen masih tetap mampu mengenali produk MLD yang sudah populer tersebut.

Sulit untuk menentukan apakah rokok MLD Black memiliki bungkus yang lebih baik atau tidak. Pasalnya, keduanya sama-sama bagus dengan karakteristik yang berbeda. Rokok MLD putih memiliki bungkus yang simpel dan elegan sedangkan satunya lagi memiliki kesan yang kokoh.

Selain tarikannya yang cukup berat, MLD Black juga memiliki sensasi aroma cengkeh yang cukup berasa. Perlu digaris bawahi bahwa meski cukup berat namun tarikannya juga terasa lembut dan tidak meninggalkan rasa tidak nyaman pada tenggorokan.

Durasi bakar produk ini sekitar 11 hingga 12 menit. Sepanjang itu anda juga akan merasakan kadar gurih yang cukup terasa dibalut dengan manis yang tak bikin mual. Entah mengapa Djarum memang andal dalam membuat rokok berasa manis namun dalam kadar yang tek berlebihan. Top!

Baca Juga:  3 Lagu Dengan Rokok Sebagai Topik Utama

Rokok MLD Black masuk dalam kategori SKM dengan tarif cukai teratas. Harga sebungkusnya yang berisi 16 batang yaitu 22 ribu rupiah dan yang berisi 12 batang yaitu 15 hingga 16 ribu rupiah.

Indi Hikami

TInggal di pinggiran Jakarta