Beli Rokok Online Jadi Pilihan Sebagian Orang Saat Ini

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Determinasi teknologi memberi kemudahan bagi masyarakat untuk beraktivitas, salah satunya kegiatan berbelanja. Kini banyak dari kretekus yang mulai beralih beli rokok online dari yang sebelumnya secara konvensional di warung-warung. Mengapa fenomena ini bisa ramai di kalangan perokok?

Ada tiga alasan kuat tentang mengapa fenomena beli rokok online menjadi sebuah kebiasaan baru saat ini. Walau sebenarnya tak bisa dipungkiri juga bahwa masih banyak kretekus lainnya yang masih menggunakan pola lama.

Alasan pertama beli rokok online adalah pilihan produk yang lebih banyak. Harus diakui bahwa e-commerce sebagai platform belanja secara daring sangat banyak menyediakan produk-produk yang kita inginkan, salah satunya yaitu rokok.

Produk-produk rokok dengan layer cukai bawah biasanya tak banyak tersedia di daerah-daerah tertentu. Sebagai contoh, rokok Djarum Coklat biasanya tak terjual di kawasan Jawa bagian timur sebaliknya banyak tersebar di Jawa bagian barat.

Begitu juga dengan kretek-kretek non filter yang mungkin sudah terbatas produksinya atau pun rokok-rokok klasik yang barangnya dikoleksi para kolektor. Beli rokok online menjadi solusi yang dipilih ketimbang harus merogoh kocek lebih dalam lagi untuk berkeliling Indonesia mencari produk tersebut.

Baca Juga:  Kampanye Anti Rokok yang Menyusup Dalam Kabar Duka

Alasan kedua adalah penawaran poin dan promo yang menarik dari e-commerce. Biasanya dengan berbelanja secara online kita akan diberi reward berupa poin yang jika diakumulasikan bisa ditukar dalam bentuk produk lainnya.

Hal ini yang membuat banyak masyarakat di Indonesia yang ketagihan untuk berbelanja secara online. Bisa jadi poin yang sudah banyak mereka kumpulkan tersebut bisa untuk ditukar kembali dengan rokok atau produk lainnya seperti korek. Menarik, bukan?

Belum lagi promo-promo dari event-event seperti salah satunya hari belanja online nasional (harbolnas) juga banyak diikuti oleh masyarakat. Siapa tau bisa mendapatkan produk rokok yang sulit untuk dicari dengan potongan harga yang lumayan.

Terakhir, banyak yang bilang bahwa rokok yang dijual secara online memiliki harga yang miring. Sebenarnya anggapan ini belum tentu benar mengingat ada biaya ongkir yang harus dibayar.

Tapi satu hal yang pasti jika membeli rokok dengan jumlah banyak apalagi produk yang berbeda, tentu masalah biaya ongkir tersebut bisa teratasi. Tapi, kalau beli rokok online dilakukan secara ketengan hanya satu bungkus saja harganya malah justru jauh lebih mahal.

Baca Juga:  Potret Perempuan-Perempuan Tangguh Pembuat Rokok
Indi Hikami

TInggal di pinggiran Jakarta