orangmerokok

Orang Merokok Biasanya Kurus, Benarkah?

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Orang merokok biasanya diidentikkan dengan badan kurus, berambut gondrong, dan bibir hitam. Selain itu biasanya juga dilekatkan dengan seniman, menggunakan vespa, dan pecinta berat kopi hitam. Itulah gambaran seorang perokok dalam bayangan banyak orang.

Akan tetapi sebuah gambaran orang merokok, teori itu tentu tak sepenuhnya benar. Ada banyak di luar sana yang merokok namun memiliki macam-macam bentuk tubuh yang beragam. Juga tak sedikit yang berpakaian rapih dan berdandan necis.

Saya bisa memahami mengapa anggapan perokok biasanya seseorang yang kurus itu bisa melekat. Media entah itu berbagai macam bentuk seperti film, berita, video pendek, sitkom, atau lainnya biasanya menggambarkan perokok dengan hal demikian.

Sehingga anggapan perokok itu berbadan kurus memengaruhi imajinasi banyak orang. Lebih kejam lagi kalau anda lihat foto-foto di google dengan keyword perokok, sudah pasti diberi gambar yang aneh-aneh dan seram-seram.

Baru-baru ini saya melihat podcast antara Ariel Noah dan Sule. Ariel Noah aktif merokok dalam podcast tersebut dan di beberapa kesempatan ia tak canggung menampilkan dirinya sebagai seorang perokok.

Baca Juga:  Menikmati Hidup, Musik, dan Kretek Seperti Danilla Riyadi

Apakah Ariel Noah kurus? Tidak. Apakah dia juga dekil dan gondrong? Nyatanya juga tidak. Justru vokalis top di Indonesia itu malah memiliki perawakan yang menawan. Punya wajah tampan, badan yang tegap, aura charming yang tetap mempesona bahkan di usia yang hampir 40 tahun. Satu lagi, hebatnya suaranya juga tetap prima.

Butuh bukti yang lain? Oke kali ini biar tidak timpang gender kita kasih contoh Bu Susi Pudjiastuti. Memang posturnya agak lebih kecil sih. Tapi tubuhnya tetap tegak dan juga lincah serta selalu terlihat enerjik.

Ada juga perokok yang memiliki badan yang gemuk, contohnya saya. Bahkan banyak juga teman-teman saya yang berbadan tambun tapi cinta dengan aktivitas merokok. Nahloh, jadi gimana tuh anggapan bahwa orang merokok biasanya kurus?

Apa jangan-jangan antirokok ini mayoritas berzodiak Virgo ya alias suka banget nge-judge sesuatu. Badan kurus kering dikit dianggap ga sehat, doyan rokok lah, suka minum alkohol lah. Siapa tahu justru dia malah jauh dari anggapan itu.

Baca Juga:  Mengenal Ragam Bahan Baku Kretek

Intinya adalah nilailah seseorang dari sikapnya. Stereotyping terhadap tubuh dan rokok justru malah mengaburkan banyak fakta yang kamu ketahui. Hei antirokok, inget tuh kata Godfather Don Corleone, ‘Never hate your enemies. It affects your judgement,’ artinya apa? Cari sendiri lah kan kalian orang pinter-pinter, wkwkwkw.

Indi Hikami

TInggal di pinggiran Jakarta