Apa Saja Merek Rokok yang Paling Aman untuk Dikonsumsi?

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Sebenarnya, semua merek rokok asal berpita cukai resmi tergolong aman untuk dikonsumsi. Nah, dari sekian banyak yang aman itu, merek rokok yang paling aman apa saja sih? Untuk merujuk yang paling aman gampangnya saya pakai dua pendekatan.

Pertama, eksistensi produk. Kedua, memiliki konsumen yang loyal. Eksistensi produk, tentu menyangkut rentang keberedaaannya di masyarakat luas. Ibarat pejabat pemerintahan, punya fokus yang jelas, yakni mengatasi persoalan kesejahteraan rakyat dan mampu mencipta rasa keadilan bagi semua. Nah lho, konseptual banget, ya? Hehe.

Merek rokok yang paling aman tentu merepresentasikan sesuatu yang berintegritas. Kalau pemaknaan aman dari sisi kesehatan, saya sama sekali tidak ingin mengarah ke situ. Nantinya akan melulu seperti logika antirokok, saya tidak ingin membawa pembaca memaknai aman dari sudut pandang yang biasa dimainkan antirokok. Merek rokok yang paling aman bagi saya, iya dua hal tadi pendekatannya.

Langsung saja ya, biar terkesan moderat, sebut saja ada tiga merek ternama dan terbilang lazim dikenal di pasaran.

Baca Juga:  Produk Rokok Djarum yang Paling Terkenal

Gudang Garam International

Produk golongan Sigaret Kretek Mesin (SKM) ini termasuk rokok layer cukai pertama. Seturut regulasi cukai, harganya pun otomatis naik, tapi tetap masih aman buat semua kelas. Penikmatnya yang loyal sebagian besar tak ingin berpaling dari rokok ini. Iya, ini tentu karena citarasanya yang sangat mengena bagi para pecintanya.

Djarum Super

Produk SKM PT Djarum ini terbilang lawas dibanding produk genre LTLN-nya. Namun, jika dibanding dengan produk-produk itu, Djarum Super termasuk konsisten secara citarasa. Harga rokok Djarum Super pun rasanya tidak terlalu signifikan selisih kenaikannya di pasaran. Tidak seperti produk kompetitornya.

Artinya, rokok Djarum Super secara harga eceran relatif aman bagi semua golongan. Sepertinya, perusahaan rokok yang cukup sepuh ini paham betul bagaimana merawat loyalitas konsumennya.

Minak Djinggo

Produk SKT yang kadang dijuluki rokoknya kakek-kakek ini termasuk rokok lawas juga nih. Tapi jangan salah, merek ini memiliki konsumen yang loyal dan citarasa yang tidak berubah. Dari sisi harga nih, kalau kamu punya duit Rp 40.000, dipastikan bisa dapat 3 bungkus, masih cukup beli kopi sasetan pula kembaliannya.

Baca Juga:  Mengenal Sejarah Singkat Papir

Saking amannya lagi nih, kalau rokok-rokok ini ketinggalan di kosan teman yang seleranya kategori mild, gak bakal berkurang tuh sebatang pun.

Alma'a Cinthya Hadi

Pejalan kaki