Press ESC to close

Apa Merek Rokok Kretek Terbaik di Indonesia?

Indonesia, sebagai sebuah negara tempat lahirnya kretek, tentu memiliki banyak produk kretek. Mulai dari yang dibuat di industri skala rumahan hingga pabrik besar. Semuanya memiliki citarasanya tersendiri. Lantas, rokok kretek apa yang terbaik yang ada di Indonesia?

Saya memiliki tiga jawaban soal ini dan jawaban tersebut merepresentasikan tiga produsen terbesar rokok kretek di Indonesia. Saya tidak hanya mengukur dengan patokan harga atau worth it to buy, namun saya mengukurnya dari banyak aspek.

Pertama, ada rokok Gudang Garam Surya 16. Saya pikir sulit untuk membantah asumsi bahwa inilah rokok kretek terbaik di Indonesia. Selain karena penikmatnya yang sangat banyak dan tersebar di seluruh Indonesia, ya, citarasanya juga khas dan bertahan sejak lama.

Anda semua pasti sudah tahu darimana rokok ini berasal. Tapi pasti banyak yang belum tahu jika Surya 16 lahir di era 1980-an. Kehadirannya memang untuk menyaingi salah satu jagoan kretek lainnya di Indonesia, yakni Djarum Super.

Kedua, ada rokok Djarum Super. Rokok kretek SKM produksi Indonesia memang memiliki kekuatan di soal rasa. Tak hanya itu, citarasa tersebut mampu dipertahankan dalam waktu yang sangat lama. Jika Surya 16 dilahirkan di era 1980-an, Djarum Super lahir terlebih dahulu pada tahun 1975.

Baca Juga:  Museum Kretek, Situs Sejarah Budaya Kudus

Rokok yang menjadi andalan PT Djarum dari Kudus ini memang menjadi salah satu produk unggulan di sektor sigaret kretek mesin (SKM) reguler. Mengandalkan cita rasa yang kuat sebagaimana rokok full flavor lainnya, rokok Djarum Super menjadi benchmark dari rasa kretek khas kudusan.

Citarasa yang membuat rokok Djarum Super jadi salah satu kretek terbaik di Indonesia karena racikan tembakau dan cengkeh yang premium. Makanya rokok ini punya jargon superfine clove cigarette yang memang terbukti super!

Ketiga, rokok kretek yang brandnya dikenal dengan Sampoerna Dji Sam Soe. Tidak bisa dipungkiri bahwa produk ini merupakan salah satu yang unggulan di sektor sigaret kretek tangan. Walau sebenarnya masih bisa diadu dengan Djarum Coklat atau Djarum 76.

Namun, alasan mengapa harus memilih rokok ini karena ketersebaran rokok ini yang sangat luas. Lalu, hegemoni produk ini yang kuat di masyarakat Indonesia. Jika ditanya kepada mereka, apa merek rokok kretek tangan yang diketahui, mostly mereka akan menjawab Dji Sam Soe.

Baca Juga:  Kretek dalam Memoar Bang Bens

Tiga rokok kretek tersebut merupakan yang terbaik di Indonesia. Mana yang paling anda sukai?

Fahrizal Afdillah

Perokok setia