Ragam

Cairan Tembakau Usir Kutu Putih pada Tanaman

Cairan tembakau merupakan satu formula yang dapat digunakan untuk mengatasi persoalan hama. Terutamah ama yang mengganggu kesuburan tanaman. Sebelum bicara soal cairan formula itu seperti apa dan bagaimana membuatnya. Terlebih dulu kita bahas menyoal hama yang dikenal sebagai kutu putih.

Kutu yang satu ini berbeda dengan kutu beras ataupula kutu di kepala. Kutu yang satu ini merupakan jenis hama yang lazim menyerang tanaman. Tidak hanya tanaman hias, sejumlah tanaman produktif yang merupakan komoditas perekebunan juga kerap menjadi sasaran kutu yang dikenal dalam bahasa latin Phenacoccus Manihoti.

Secara fisiologis, makhluk kecil ini tertutup lapisan lilin berwarna putih dengan panjang tubuh 2 – 3,5 mm, lebar 1-2 mm. Batas antara kepala, toraks dan abdomen tidak jelas warna tubuh kekuning-kuningan. Antena berbentuk seperti benang panjang, berwarna gelap, dan terdiri dari 8 ruas.

Hama ini bisa membuat tanaman layu, terjangkit virus, bahkan mati. Jika kutu ini menyerang buah dan bunga kopi. Bunga dan buah muda yang terserang akan mengering dan gugur, sedang buah dewasa mengalami hambatan pertumbuhan sehingga berkerut dan masak sebelum waktunya.

Berbeda pada hama yang kerap menyerang tanaman cengkeh, yakni Jamur Akar Putih atau yang biasa disebut JAP. Hama semacam ini umumnya diatasi dengan insektisida.

Kutu putih juga kerap menyerang tanaman hias yang ada di pekarangan. Jika tanaman kesayangan Anda sudah mulai terserang makhluk imut ini, tidak usah panik. Tapi jangan juga disepelekan, sebab perkembangan kutu ini jika sudah merangsek daun dan bunga, akan membuat gagal berbuah.

Baca Juga:  Lucunya Singkatan Merek Rokok Di Indonesia, Kamu Anak 90-an Pasti Tahu

Umumnya, daun yang dikuasai oleh kutu putih akan menguning dan tidak segar lagi. Kalau sudah tidak segar dan kehidupan kutu ini tidak segera diatasi, maka mereka akan berkembang menular ke bagian lain tanaman.

Bicara soal obat pembasmi hama kecil ini sebetulnya tidaklah sulit didapat. Banyak obat pembasmi hama bertubuh putih ini dijual di toko-toko online. Harganya pun relatif terjangkau.

Namun, bagi Anda yang ingin membuat formulanya sendiri, yang dibutuhkan hanyalah sedikit kreatifitas dan ketekunan. Cara membuat formula pembasmi serangga merugikan ini cukup dengan menggunakan tembakau dan air, perangkat pendukung lainnya adalah alat semprot.

Tembakau adalah bahan baku utama untuk membuat formula atau obat untuk menangani serangga merugikan itu. Selain dikenal sebagai bahan baku rokok, tembakau juga dapat digunakan untuk berbagai kegunaan.

Di dalam sejarah pengobatan, daun tembakau yang kandungan utamanya adalah nikotin, kerap digunakan untuk keperluan penyembuhan gangguan kesehatan tertentu. Jauh sebelum ditemukannya kertas, tembakau sudah memberi manfaat bagi peradaban medis dunia.

Hingga kemudian berkembang untuk memenuhi kebutuhan industrial. Tembakau dijadikan bahan baku rokok. Selain itu nikotin yang dikandungnya juga dapat dijadikan vaksin untuk mengatasi virus yang menacam kehidupan manusia. Virus Covid dan Ebola, adalah dua virus yang membahayakan yang dapat ditangkal oleh zat nikotin.

Termasuk penyakit lainnya, yakni Alzeimer dan Parkinson. Oleh kecanggihan dunia medis, tembakau dapat diambil faedahnya. Tidak hanya itu, bagi para perokok, tanaman yang berjuluk emas hijau ini dapat memberi efek relaksasi dan dijadikan sarana rekreatif dengan cara dibakar dan diisap.

Baca Juga:  Hukum Rokok Dalam Pandangan Islam

Namun, dunia kesehatan modern kemudian menempatkan tembakau sebagai salah satu tanaman yang konsumsinya dibatasi, dituding mengancam kesehatan orang yang mengonsumsinya. Pandangan ini kerap menciptakan kontroversi dan membuka ruang perdebatan yang membuat kita tanpa sadar sudah habis berbatang-batang rokok mengulasnya.

Haiya, kembali ke soal formula untuk mengatasi ancaman serangga bernama kutu putih. Untuk membuatnya, pertama kali siapkan lebih dulu tembakaunya. Tidak perlu jenis tembakau dari varietas tertentu. Semua tembakau boleh dipakai untuk dimanfaatkan sebagai bahan baku obat penuntas hama ini.

Setelah tembakau disiapkan, Anda cukup merendamnya ke dalam air dengan rasio 100 gram tembakau dan 1 liter air. Caranya, masukkan tembakau ke dalam air lalu diinapkan selama satu malam. Ingat, diinapkannya ke dalam wadah yang tepat, pastinya bukan diinapkan di hotel. Boros biaya. Cukup di dalam botol bekas air mineral atau wadah sejenis. Ambil sederhananya saja.

Kemudian, setelah diinapkan selama satu malam, airnya disaring dengan alat saring yang relatif mudah dan terjangkau. Misalnya saringan untuk ikan, atau saringan praktis lainnya. Cukup ambil 50 Ml saja.

Tanpa menunggu lama, sekarang obat pembasmi serangga putih itu sudah bisa disemprotkan. Jika disemprotkan ternyata daun menjadi kuning atau mengering, coba diencerkan dengan memberi tambahan air. Mudah bukan? Selamat mencoba.

Penulis di Komunitas Kretek

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published.