Dji Sam Soe Elite
Ragam

Dji Sam Soe Elite, Se-Elit Apa Sih?

Pada pertengahan tahun 2022, PT HM Sampoerna mengeluarkan produk terbarunya yang diberi nama Dji Sam Soe Elite. Rokok ini merupakan produk SKT pertama yang menggunakan teknologi tobacco shield. Apa itu tobacco shield?

Tobacco shield merupakan sebuah inovasi agar pengalaman merokok lebih nyaman dan bebas dari serpihan tembakau yang menempel di bibir. Seperti yang kita tahu, pengalaman menghisap rokok SKT itu tidak bisa dipisahkan dengan pengalaman seperti memijat-mijat batangnya terlebih dahulu, atau mengeuarkan sedikit tembakaunya agar tarikannya terasa lebih enteng. Pada rokok Dji Sam Soe Elite ini, kita tidak perlu melalukan ritual-ritual tersebut.

Mengapa demikian? Ya, karena terdapat teknologi tobacco shield itu tadi. Shield-nya itu menyerupai bentuk filter yang terbuat dari kertas yang lumayan tebal dan berfungsi agar setiap hisapan terbebas dari serpihan-serpihan tembakau yang seringkali ikut terhisap saat menikmati rokok sigaret kretek tangan.

Sebelum melangkah lebih jauh dan mencoba rasa rokoknya, seperti biasa, kita mulai bahas dari bungkusnya terlebih dahulu. Bungkus rokok Dji Sam Soe Elite ini menggunakan kertas pembungkus rokok yang tebal, setebal bungkus rokok SKM seperti pada umumnya.

Bungkus Dji Sam Soe Elite
Kertas pembungkusnya tebal, tidak seperti SKT umumnya

 

Berbeda dengan seniornya yakni Dji Sam Soe reguler yang menggunakan kertas pembungkus yang lebih tipis. Jika kita perhatikan, tobacco shield-nya itu menggunakan kertas yang lumayan tebal, ketebalannya hampir menyerupai ketebalan kertas pembungkus rokok ini.

Warna bungkusnya sekilas tampak bewarna hitam. Namun jika dilihat lebih teliti, bungkus rokok ini sebetulnya bewarna hijau lumut. Pada tampak depan terdapat tulisan Dji Sam Soe Elite di sebelah kiri yang mengarah vertikal. Terdapat pula logo khas Dji Sam Soe berada tepat di atasnya.

Di sudut kanan bawah terdapat informasi bertuliskan ‘with tobacco shield’ lengkap dengan gambar yang menunjukan tobacco shield-nya, serta terdapat tulisan 12  sigaret kretek yang juga menandakan bawah rokok ini berisi 12 batang rokok.

Baca Juga:  Rokok Mild Yang Paling Laris di Indonesia

Pada sisi sebelah kiri kemasan, terdapat pita cukai yang menempel dari atas hingga bawah bungkusnya. Harga Jual Ecerannya (HJE) yakni 19.500 untuk 12 batang rokok, sedangkan cukai perbatangnya yakni 440 rupiah. Sedangkan pada sisi sebelah kanan terdapat informasi mengenai kandungan tar serta nikotinnya, yakni 45 MG tar dan 2,3 MG nikotin. Terdapat pula barcode dan larangan menjual pada anak usia di bawah 18 tahun dan perempuan hamil.

Informasi kandungan nikotin dan tar

Pada sisi belakang bungkusnya hanya terdapat logo Dji Sam Soe dan terdapat rangkaian kalimat yang mendeskripsikan fitur tobacco shield.

Sebagai kemasan SKT, desain yang ada pada rokok Dji Sam Soe Elite ini terbilang cukup keren dan futuristik. Jika kalian perhatikan, feel untuk membuka bungkusnya juga keren, mirip dengan desain bungkus rokok Gudang Garam Patra yang lebih dulu hadir. Perbedaannya, bungkus rokok Dji Sam Soe Elite ini tampak lebih besar jika dibanding rokok Gudang Garam Patra, sebab batang rokok Dji Sam Soe Elite ini berukuran besar atau king size, sedangkan ukuran batang rokok Gudang Garam Patra itu medium size.

Ukuran batang rokoknya lebih besar atau king size

Tidak ada plastik ataupun alumunium foil pembungkus batang rokoknya. Sepertinya, ketiadaan plastik atau alumunium foil yang seringkali tidak tersedia di jenis rokok SKT atau SPT itu agar memangkas biaya produksi rokoknya. Memang tidak semua, hanya beberapa produk rokok saja.

Jika kita lihat sekilas batang rokoknya mirip dengan rokok Dji Sam Soe Reguler dan Dji Sam Soe Premium. Menggunakan papir bewarna putih dan terdapat garis kuning di batasan hisapnya. Perbedaannya hanya nampak pada tulisan yang melingkar yakni merek dagang masing-masing.

Aroma batang rokok ini sebelum di bakar sedikit ada kemiripan dengan aroma Dji Sam Soe yang reguler. Aroma tembakau serta cengkehnya itu terasa kuat dan nendang. Terdapat pula aroma mirip cocoa yang lumayan terasa kuat.

Baca Juga:  Fenomena Beli Rokok Online di Tahun 2020

Sensasi tarikan rokok Dji Sam Soe Elite ini masih terbilang berat, namun cukup terbantu dengan kehadiran dari tobacco shield-nya. Rasa gurih, manis, dan pedas sudah terasa sejak hisapan pertama. Menurut saya, rasa dasarnya itu masih ada kemiripan dengan rokok Dji Sam Soe yang reguler. Walau menurut saya, rokok ini terasa sedikit lebih pedas dan pahit.

Jika dibandingkan dengan kakaknya yaitu Dji Sam Soe Premium, bagi saya rokok ini belum selevel. Dari rasa dan sensasinya menurut saya bahkan lebih mengarah ke rokok Sampoerna Kretek. Keberadaan tobacco shield ini memang mengubah feel kita menikmati rokok sigaret kretek tangan. Namun soal rasa, menurut saya rokok ini tidak se-elit namanya. Tidak ada ciri khas yang membuat rokok ini terasa elit dibanding produk Dji Sam Soe lainnya.

Usai menghisap rokok ini, ada rasa pedas, sedikit pahit, dan sedikit sepat yang tertinggal di tenggorokan. Kalau tidak ada teknologi tobacco shield ini, saya bakal merekomendasikan kalian ke rokok Sampoerna Kretek saja, atau ke rokok Dji Sam Soe reguler sekalian. Untuk harga dari rokok Dji Sam Soe Elite ini dihargai sebesar 17 ribu rupiah, sedangkan untuk rokok Dji Sam Soe yang reguler diharga sekitar 18 ribu rupiah saja. Hanya beda tipis.

Tidak dipungkiri, teknologi tobacco shield memang jadi pembeda yang tidak kita dapatkan di rokok kretek tangan lainnya. Sebagai sebuah pembeda, ini bisa jadi keunggulan, bisa juga jadi kelemahan, tergantung preferensi masing-masing konsumen. Teknologi tersebut bikin rokok ini tidak bisa dibakar secara terbalik, sebagaimana yang jamak dilakukan konsumen SKT.

Penulis di Komunitas Kretek

Leave a Reply

Your email address will not be published.