rokok rasa kopi

3 Merek Rokok Indonesia yang Terkenal di Luar Negeri

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kretek menjadi salah satu komoditas asal Indonesia yang laku penjualannya di luar negeri. Memiliki ciri khas tersendiri ketimbang banyak produk lain, menjadi faktor keberhasilan tersebut. Saking terkenalnya, bahkan merek rokok asal Indonesia juga banyak yang dijadikan karya berupa dalam kartun, tulisan, dan yang lainnya.

Tiga pabrikan besar asal tanah air, yaitu Djarum, Gudang Garam, dan Sampoerna menjadi industri yang banyak mengirim dan menjual produknya ke luar negeri. Tercatat, ada tiga merek rokok dari tiga perusahaan tersebut yang diminati oleh warga di sana. Apa saja?

Djarum Black

Sejak diluncurkan pada awal 2000-an, rokok Djarum Black sebenarnya merupakan sebuah inovasi dari PT Djarum untuk produk yang akan ditujukan dijual di luar negeri. Produk ini kemudian banyak dijual di berbagai negara dan akhirnya pernah dikadali oleh pemerintah Amerika Serikat dengan melarang peredaran rokok ini.

Selain Djarum Black, ada juga Djarum Special yang pernah menggemparkan Indonesia. Pasalnya, selebritis kondang Selena Gomez pernah kedapatan membawa rokok tersebut. Alhasil muncul spekulasi yang menyebutkan bahwa rokok tersebut memang jadi produk rutin yang dihisap olehnya.

Baca Juga:  Tempat Rokok Kece Yang Tengah Populer

Gudang Garam Surya

Tahukah anda bahwa rokok Gudang Garam Surya pernah nongol dalam cerita sebuah manga di Jepang. Manga tersebut berjudul Jormungand dan cukup populer bagi para pecinta komik. Kehadiran rokok asal Kediri tersebut pastinya juga karena popularitasnya yang hits di Negeri Samurai tersebut.

Sebenarnya tak hanya rokok Gudang Garam Surya yang dijual di sana. Kalau anda melihat Youtuber asal Indonesia yang tinggal di Jepang, mereka juga pernah mengulas rokok-rokok produk Gudang Garam lainnya yang ada di negara tersebut. Salah satunya adalah Gudang Garam Signature yang berwarna biru muda.

Sampoerna A Mild

Saat saya ke Malaysia, salah satu rokok Indonesia yang dijual legal di sana adalah Sampoerna A Mild. Rokok ini cukup populer bagi masyarakat di Negeri Jiran. Meski sebenarnya bentuk dan rasa telah dimodifikasi sesuai selera masyarakat di sana.

Kadar cengkehnya terasa berkurang dan rasanya lebih hampir mirip dengan rokok putihan pada umumnya. Diameternya pun lebih kecil daripada rokok Sampoerna A Mild yang biasa dijual di Indonesia.

Baca Juga:  Ketika Chairil Dipisahkan Dengan Rokok

Nah, itulah 3 merek rokok Indonesia yang terkenal di luar negeri. Tentu masih ada merek lain yang cukup populer, silakan tambahkan lagi daftarnya.

Indi Hikami

TInggal di pinggiran Jakarta