Press ESC to close

3 Daftar Rokok Enak dan Murah Tahun 2023

Saat ini, banyak penikmat kretek yang sedang asyik menjajal berbagai macam rokok enak yang sekiranya murah. Hal itu imbas dari tarif cukai rokok yang setiap tahun naik membuat harga rokok premium makin melejit. Para perokok, yang sebelumnya merokok rokok golongan 1, kemudian memilih jalur untuk turun kasta.

Termasuk saya sendiri yang memilih untuk turun kasta dari sebelumnya merokok Djarum Super kemudian beralih ke rokok SKT yaitu 76 Mangga. Sebelum memutuskan akan beralih ke rokok 76 Mangga, saya mencoba banyak varian rokok mulai dari SKM, SKT, SPM hingga melinting. 

Disclaimer. Saya mencoba berbagai macam rokok yang legal tentu saja. Walau harga rokok semakin mahal, saya tidak akan mencoba atau beralih ke rokok ilegal. Hal ini disebabkan rokok ilegal itu, selain bahan bakunya yang jelek, kita juga merugikan negara dan tidak support terhadap Industri Hasil Tembakau. 

Dalam pencarian memilih rokok untuk turun kasta, saya menemukan berbagai macam rokok yang harganya itu murah tapi memiliki rasa yang enak. Walau emang, sih, masing-masing perokok itu mempunyai selera yang berbeda-beda. Bagi kalian rokok enak namun belum tentu bagi saya juga enak pula. 

Namun, siapa tahu dari kalian ada yang seleranya sama dengan saya. Berikut rokok enak murah yang mungkin bisa kalian coba:

1. Tepat Teh Manis

tepat teh manis

Rokok dengan rasa teh saat ini mempunyai penikmat yang banyak dan loyal. Semenjak kepopuleran rokok Juara teh manis, banyak pabrikan rokok yang kemudian memunculkan juga produknya dengan rasa teh. Bagi saya, rokok Tepat teh manis ini salah satu rokok rasa teh yang enak banget. Bahkan bisa dibilang lebih enak dari rokok Juara mengingat harganya yang terpaut lumayan jauh. 

Rokok Tepat teh manis ini ada dua varian, ada yang SKM dan ada yang SKT. Keduanya sama-sama enak. Nah yang kali ini saya bahas yang varian SKT. Rokok Tepat teh manis ini diproduksi oleh PT. Karya Sukses Mandiri, Ponorogo – Indonesia. Memiliki kandungan tar dan nikotin sebesar 28,8 MG Tar dan 1,15 MG Nikotin. 

Baca Juga:  Harga Rokok Naik, Tenang dan Ikuti Tips Ini

Bagi sobat kretekus penikmat rokok rasa teh yang sudah pernah mencoba rokok Tepat ini tentu sepakat dengan saya bahwa rokok tepat teh manis ini sangat enak. Ciri khas rasa tehnya hampir mirip dengan rokok Juara. Aromanya teh manis yang kuat dan legit.

Soal tarikan, rokok Tepat teh manis ini termasuk enteng walau rokok ini masuk golongan rokok SKT. Rasa tembakau dan cengkihnya yang dipadukan dengan rasa teh manis terasa sangat solid dan konsisten. Aftertaste-nya pun masih meninggalkan rasa manis di lidah bagian belakang. Rasa spicy dan gurihnya juga terasa balance

Soal harga, rokok ini dibandrol dengan harga sekitar 9000 hingga 10.000 rupiah saja. Terpaut kurang lebih 5000 rupiah jika dibandingkan dengan rokok Juara teh manis. Dengan rasa yang menurut saya tidak terlalu jauh, tetapi memiliki harga yang terpaut lumayan jauh. Rokok ini tentu menjadi pilihan terbaik kalian jika ingin turun kasta dari rokok Juara. 

2. Tenor Kretek

tenor kretek

Rokok Tenor kretek ini diproduksi di Kudus, lebih tepatnya oleh PT. Mercu Pantura Industry. Rokok ini termasuk baru di pasaran. Kalau saya tidak salah ingat, awal tahun 2023 saya baru menemukan rokok ini. Tenor mempunyai kandungan tar sebesar 40 MG dan nikotinnya sebesar 1,7 MG. 

Rokok ini termasuk rokok yang enak dan murah. Bagi para penikmat rokok SKT non rasa-rasa, rokok ini bisa menjadi opsi kalian jika ingin turun kasta. Secara tarikan rokok ini lumayan berat, wajar rokok ini termasuk golongan rokok SKT. Tipsnya, jika kalian ingin tarikannya lebih enteng, sebelum membakar rokoknya baiknya dipijat-pijat dulu dan dikeluarkan sedikit tembakaunya. 

Soal rasa, gurih dan spicy-nya lumayan dominan. Terdapat sensasi rasa buah nangka khas rokok kudusan yang lumayan kuat. Aftertasenya manis, tidak meninggalkan rasa pahit berlebih di tenggorokan. Secara keseluruhan rasa rokok ini enak banget. 

Harga rokok Tenor kretek ini dibandrol dengan harga 8.000 rupiah saja. Harga yang cukup terjangkau untuk sekarang. Bagi saya, tenor ini pilihan yang oke jika kalian ingin turun kasta dari rokok Dji Sam Soe, Samtek dan 76. 

Baca Juga:  Rekomendasi Daftar Rokok Murah Isi 20 Batang

3. ZIGA

rokok ziga

Rokok Ziga ini diproduksi di Demak, tepatnya oleh PT T.S.I. Rokok Ziga termasuk ke dalam rokok SKM Full Flavor. Desain bungkusnya ciamik, di dominasi oleh warna hitam dengan gradasi warna biru. Terdapat 12 batang rokok dalam 1 bungkus rokok Ziga. Setahu saya, rokok ini hanya tersedia satu varian saja yang isi 12 batang. Untuk kandungannya, terdapat 32MG tar dan 1,6MG nikotin. 

Soal tarikannya, rokok ini termasuk halus banget. Tarikannya hampir mirip dengan tarikan rokok mild. Rasa manis dan gurihnya terasa kuat. Rasa spicy-nya tipis, hampir tidak terasa. Aftertaste-nya enak, hampir tidak meninggalkan rasa pahit berlebih di lidah. Sebetulnya rasa rokok ini mirip dengan rasa rokok Viper dan rokok Crystal. Tidak terlalu jauh. 

Soal harga, rokok Ziga ini dibandrol dengan harga 15.000 ribu rupiah. Harga yang cukup terjangkau mengingat harga rokok SKM Full Flavor lainya sudah menyentuh 25 ribu sepert Djarum Super, Gudang Garam Surya dan Gudang Garam Internasional. Bagi para penikmat rokok SKM Full Flavor tersebut, mungkin rokok ini cocok untuk turun kasta. Mengingat harganya terpaut 10 ribu lebih murah. 

Sebetulnya masih ada beberapa merk rokok yang enak dan murah seperti rokok Hitz, Mercu Kretek, Grow, Rider, Safe dll. Namun 3 rokok di atas menjadi pilihan terbaik bagi saya untuk kalian yang sedang bingun mencari opsi rokok turun kasta. Selamat mencobanya, Kawan. 

Bagas Nurkusuma Aji

Bagas Nurkusuma Aji

Videografer di Komunitas Kretek. Lahir dan besar di Turi, Sleman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *