Press ESC to close

Djarum Super MLD Cola, Inovasi Tiada Tanding dari Kudus

Djarum Super MLD Cola menjadi salah satu inovasi PT Djarum dalam meracik tembakau, cengkeh, dan cola yang mengagumkan.

Seorang laki-laki paruh baya di tengah panas terik parkiran mobil pernah berkata; “kalau mau rokok enak, cobalah menghisap produk Djarum. Apapun itu. Dari yang murah sampai yang mahal, kualitasnya ada di atas rata-rata merek rokok lain.”. Kalimat yang muncul bertahun-tahun lalu itu kadang terngiang tiap kali ingin mencoba rokok baru keluaran baru dari Djarum, seperti Djarum Super MLD Cola kali ini yang saya coba dan mengulas sedikit pengalaman citarasanya. 

Ada tahapan demi tahapan yang selalu saya lakukan setiap kali mencoba rokok baru, tidak hanya menghisap 2-3 batang di satu momen yang sama. Paling sederhana atau paling mudah dilakukan untuk menilai citarasa rokok adalah dengan mencoba tiap batang rokok baru di situasi berbeda, misal menghisap MLD Cola ketika sedang menenggak air putih dan kopi, menjadi penutup ketika selesai makan nasi padang atau bebek madura bumbu hitam, atau sedang bersantai di coffee shop menikmati latte panas atau cappucino dingin.

Semata-mata untuk memberikan penilaian seberapa cocok aromatik rokok ini dipadukan dengan kombinasi suasana dan kuliner tadi. 

Cita Rasa yang Unik

djarum super mld cola batang
djarum super mld cola batang

Dalam kasus MLD Cola, ada hal unik yang saya dapat setelah menghabiskan setengah bungkus rokok yang saya tebus di warung ini seharga Rp.31.000 (cukainya tertulis Rp.32.900,) ini. Yang pertama saya coba ketika menghisap rokok tanpa “mengaktifkan” capsule mentholnya. Rokok ini sama seperti pendahulunya, MLD Regular putih, baik yang isi 16 atau 20. Hanya ada mint dengan persentase 10% dan aroma tipis cola sebesar 5-10% yang muncul. Rasanya seperti menghisap MLD Putih Reguler yang baru dimasukkan pendingin beberapa saat.

Memang ilustrasi menggunakan metode dimasukkan pendingin atau kulkas itu terasa janggal, tapi setidaknya ini memudahkan kalian mendapat bayangan kekuatan dingin dan aromatik Cola yang muncul tidak sekuat ketika “Capsule Click” dipencet. Sesederhana itu. Dan di fase tanpa “click” ini juga MLD Cola mampu menutup kenikmatan masakan pedas dan berbumbu tebal dan kental seperti gulai, aftertaste gulai masih bisa bercampur menjadi teman baik bagi indera perasa tanpa terganggu rasa mint dan cola. Saya menjamin ini dan bisa kalian coba seandainya kalian penyuka masakan berkuah seperti gulai atau masakan berkuah pedas lain. 

Baca Juga:  Ini Dia Deretan Rokok Terbaik di Indonesia

Hal unik lainnya, ketika “capsule click” kalian aktifkan, maka kekuatan aroma Cola dan Menthol yang muncul tidak serta merta membuat lidah kalian kebas, lalu menghilangkan sisa-sisa kenikmatan masakan otentik seperti masakan padang atau gulai kepala kakap. Menthol yang diberikan ada sedikit saja di bawah sensasi L.A Ice atau L.A Purple boost. Ada sensasi mengunyah permen Cola bersamaan dengan menghisap sebatang rokok MLD mild Cola. Hal yang sulit disatukan oleh merek-merek menthol lain yang cenderung menghilangkan kenikmatan meminum cappucino panas atau soto betawi apabila ditutup dengan menghisap rokok menthol.

Djarum Super MLD Cola terus mempelajari kebiasaan konsumen dengan menghadirkan sebuah merek aromatik yang tidak terlalu “berlebihan” rasanya ketika dinikmati oleh perokok SKM reguler yang ingin mencari sebuah sensasi baru. Dan ini terbilang berhasil dinikmati konsumen pria maupun wanita. Sebuah usaha yang tidak gagal, tidak sia-sia ketika produk ini dilahirkan, mirip seperti ketika Djarum Super Espresso hadir, walau beberapa ada yang kurang setuju dengan citarasanya yang terkesan lebih manis kalau dibandingkan Djarum 76 Mangga, dan ini khusus untuk kasus Djarum Super Espresso. 

Kekuatan Djarum Super MLD Cola

Kekuatan lain yang dimiliki oleh MLD Cola adalah aromatik “netralnya” ketika kalian menikmati ini pertama kali tanpa memencet capsule cola. Sama enaknya ketika menikmati varian MLD Putih. Memang tren pasaran yang melahirkan banyak sekali merek rokok beraromatik wangi buah akan sangat beresiko apabila hanya mengandalkan citarasa manis, aromatik yang terlalu manis dan aftertaste yang sulit dimengerti; mau memamerkan kualitas perisa dan menghilangkan sensasi tembakaunya atau keduanya mampu menghadirkan citarasa dengan takaran yang tepat. 

Aroma Cola memang sejak lama disukai banyak orang, mulai dari minuman bersoda, permen, hingga kini produk rokok kretek yang tidak main-main. Ide ini terbilang segar karena saat merek SKM atau LTLN berlomba-lomba membuat rokok dengan sensasi buah, Djarum, sekali lagi membuat terobosan yang akan sangat sulit ditiru kualitasnya seperti MLD Cola.

Baca Juga:  Review Rokok Djarum Black Cappuccino, Inovasi Sukses dari Sang Maestro

Resep Djarum memang terus menerus mengalami pengembangan inovasi sejak era Black Cappucino atau Black Tea sukses di pasaran, sebut saja Djarum 76 Mangga, Kurma, Madu Hitam, L.A Purple Boost hingga MLD Cola, apakah ada cacat atau mengalami kegagalan di pasaran?. Tidak. Nyaris tidak pernah. Dari soal kualitas konsistensi aromatik hingga kualitas tembakau yang digunakan, walaupun sebagian dari merek-merek itu memiliki harga yang lumayan mahal untuk saat ini.

Ranking Djarum Super MLD Cola

Sampai hari ini, hingga saya menulis ulasan mengenai rokok aromatik terbaru dari Djarum ini, saya menempatkan posisinya di nomor dua setelah si merek extraordinary bernama L.A Purple Boost, baru kemudian Djarum 76 Mangga dan Madu Hitam, Djarum Super espresso dan terakhir Djarum 76 Kurma.

Pengalaman panjang perusahaan ini lah yang membuat seorang paruh baya yang saya sebut di awal masih meyakini sampai kapanpun kualitas dan inovasi dari Djarum akan selalu mengejutkan, dan itu terus menerus dijawab dengan lahirnya produk terbaru bernama Djarum Super MLD Cola yang menggelitik indera perasa untuk lebih sering mencobanya.

Djarum Super MLD Cola tidak diniatkan untuk menjadi sesuatu yang sangat spesial, tapi ide dilahirkannya untuk mengisi ceruk “kebosanan” pasar yang mulai jenuh dengan aromatik buah dan teh fatur mendapat 2 acungan jempol. Bahkan sampai hari ini, ketika kalian belum pernah mencobanya dan membaca tulisan sederhana yang rasa-rasanya sedang mengagung-agungkan sebuah merek bernama Djarum Super MLD Cola. Padahal, rasa yang unik dan otentik dari merek ini bisa saja membuat kalian dengan mudah berpaling menghisap MLD Cola. Selamat mencoba. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *