rokok satu slop

Merek Rokok Kretek Paling Terkenal di Dunia

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tahukah anda bahwa rokok kretek adalah barang yang menjadi primadona di luar negeri. Kekhasan rasa yang berbeda dari rokok-rokok lainnya membuat merek rokok kretek asal tanah air dicintai oleh warga dunia. Ekspansi penjualan pun kian meluas, bukan hanya ke kawasan tetangga tapi juga negara nun jauh di sana.

Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan bahwa pada 2017 lalu ekspor rokok kretek Indonesia meningkat 8,43% menjadi 84,03 juta kg dari tahun sebelumnya. Sementara nilainya tumbuh 12,12% menjadi US$ 827,98 juta (Rp 11 triliun) dari tahun sebelumnya. Angka yang fantastis bukan?

Sudah barang tentu dengan angka dan keuntungan ekspor yang begitu tinggi membuat merek rokok kretek Indonesia jadi terkenal di mata dunia. Ada beberapa produk yang memang bahkan secara spesial dibuat untuk daerah kawasan tersebut.

Contohnya adalah rokok Djarum Vanilla yang merupakan produk kretek buatan pabrikan rokok ternama asal Kudus, PT Djarum. Di Indonesia kita tak akan menemukan produk ini namun jika anda pergi ke Rusia, anda akan dengan mudah menemukannya.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Minggu Ini, Hei Pisces Jangan Menyerah Ya

Bisa dibilang rokok Djarum Vanilla ini adalah salah satu merek kretek yang terkenal di dunia. Selain itu, PT Djarum juga berhasil membuat rokok Djarum Special menjadi produk kretek yang juga menyusul kesuksesan Djarum Vanilla.

Ini terbukti dari sebuah foto paparazzi yang menghebohkan pada 2014 lalu saat selebritis top Holywood, Selena Gomez sedang kedapatan memegang rokok Djarum Special. Asumsinya begini, sulit untuk menandai ini sebagai unsur kesengajaan jika mantan dari Justin Bieber tersebut menyukai rokok ini.

Kemungkinan besar Selena Gomez memang mengetahui rokok ini dari lingkungan pertemanannya. Dengan demikian rokok ini sebenarnya sudah dikenal oleh kalangan warga Amerika Serikat. Bukankah begitu?

PT Gudang Garam juga terbukti berhasil menelurkan produk yang laku di dunia. Banyak sekali testimoni dari turis asing yang menyebutkan bahwa mereka menyukai produk seperti Gudang Garam International dan Surya.

Baik rokok Gudang Garam International dan Surya memang memiliki popularitas di luar negeri. Bahkan juga pernah beberapa masuk dalam berbagai komik di Jepang. Keren kan?

Baca Juga:  Berfatwa dengan Luwes dan Kontekstual

Sebenarnya masih ada beberapa produk lainnya yang juga dijual di luar negeri. Namun menurut saya popularitasnya tak sebaik empat merek rokok kretek tadi. Dari empat produk tadi rokok manakah yang pernah kalian coba dan suka?

Indi Hikami

TInggal di pinggiran Jakarta