Harga Rokok

4 Jenis Produk Rokok Surya yang Dikenal di Pasaran

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Rokok Surya merupakan produk besutan PT Gudang Garam TBK yang cukup populer di pasaran. Sedianya rokok ini memiliki sejumlah pilihan yang cukup berciri. Masing-masing varian produk Surya ini muncul dari periode-periode yang berbeda.

Kesemua varian produk Surya dimunculkan untuk menjawab tantangan pasar rokok yang terus berkembang. Inilah salah satu ciri dari realitas industri rokok, berbagai varian hadir sebagai upaya memenuhi selera pasar yang kian kompleks.

Melalui tulisan ini, saya akan mengenalkan 4 rokok Surya yang relatif dikenal di pasaran. Masing-masing varian diketahui telah memiliki pangsa pasar yang loyal dan cukup berciri. Apa saja varian dari produk Surya, mari kita simak.

Surya 16

Produk kretek filter dengan isi 16 batang ini sudah dikenal sejak tahun 1980. Kehadiran rokok Surya 16 dengan batang panjang konon bertujuan untuk mengimbangi rokok Djarum Super yang telah lebih dulu dikenal pasar.

Surya 16 masuk kategori SKM full flavour. Produk ini termasuk  market leader di segmennya. Secara citarasa, produk ini seakan menawarkan sensasi spicy dan fruity yang khas. Ada sensasi rasa manis yang terbilang klasik dan berimbang. Kemudian seiring perkembangan, disusul kemunculan pilihan baru dengan isi 12 batang.

Baca Juga:  Ketika Perokok Menjadi Korban

Surya Professional (Surya Pro Merah)

SKM kretek filter dari varian Surya yang satu ini hadir dengan ukuran batang lebih kecil dari produk sebelumnya. Varian yang dikenal sebagai Surya Pro ini secara jumlah batangnya sama dengan produk di atasnya, berisi 16 batang.

Dengan bungkus yang didominasi warna merah, produk Surya Pro adalah inovasi pertama PT Gudang Garam untuk menjawab perkembangan pasar. Muncul di era 90-an, cukup memenuhi selera perokok SKM full flavour yang tak ingin rokok full flavour dengan ukuran sebenarnya. Varian ini cukup menjawab pula tantangan kompetitornya yang hadir dengan produk mild.

Surya Pro Mild (Surya Professional Mild)

Produk yang satu ini muncul di tahun 20004 di tengah pasar mild tengah berjaya. Bisa dikatakan, produk ini menawarkan satu pilihan yang lebih ramah secara harga, dibanding rokok mild yang sudah lebih dulu muncul sebagai market leader.

Isi per bungkusnya sama dengan rokok Surya pendahulunya, yakni 16 batang dengan tarikan yang lebih ringan khas produk Low Tar Low Nicotine (LTLN). Produk ini lebih disukai konsumennya bukan hanya soal harganya yang lebih murah, melainkan pula sensasi rasa yang ditawarkan cukup bersaing dan nikmat.

Baca Juga:  Review Rokok Herbal Sin, Pilihan Nomor Sekian

Surya Exclusive

Produk ini dimunculkan pertama kali tahun 2013. Rokok ini sejatinya merupakan produk super premium pertama yang dikeluarkan oleh Gudang Garam. Rokok dengan bungkus yang didominasi warna hitam ini merupa line extentiont dari GG Surya yang menempati posisi kedua dari penjualan Surya.

Di segmen full flavour, produk GG Surya ini  terbilang leader dan banyak diminati pasaran penikmat kretek filter. Hal ini dikarenakan blend komposisinya yang relatif baik dengan aging yang lebih lama dibanding produk Surya lainnya.

Indi Hikami

TInggal di pinggiran Jakarta