Industri hasil tembakau

Mengenal Semua Jenis Rokok Di Indonesia

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Ada banyak sekali merek rokok yang beredar dan dijual di Indonesia. Mulai dari harga yang murah hingga mahal sekali pun. Mulai dari rasa yang klasik hingga modern seperti aroma buah-buahan. Tapi semua model tersebut terangkum dalam tiga kategori jenis rokok.

Apa saja tiga kategori itu? Pertama adalah Sigaret Kretek Tangan (SKT). Penjelasan sederhana SKT adalah sebuah kretek yang dibuat dengan tanpa bantuan mesin alias hanya dilinting dengan tangan para pegawai perusahaan.

SKT memiliki karakter fisik yang mudah sekali dikenali. Berdiameter lebih tebal, tak menggunakan filter di ujungnya. Selain itu, SKT juga memili karakter rasa yang lebih nendang. Kadar tar secara rata-rata umumnya saja yaitu 38 mg dan nikotin sebesar 2.4 mg.

Dji Sam Soe, Sampoerna Hijau, Gudang Garam Merah, Djarum 76, Djarum Coklat, Gudang Garam Patra, Aroma Slim, adalah contoh rokok-rokok berjenis SKT.

Kedua adalah Sigaret Kretek Mesin (SKM). Perbedaannya dengan SKT secara sederhana adalah produksinya yang menggunakan mesin. Selain itu, produk ini juga memiliki perbedaan dalam bentuk fisik di mana SKM memiliki filter sedangkan SKT tidak.

Baca Juga:  Ini Dia Merek Rokok Favorit Para Artis

SKM memiliki pasar penjualan yang sangat besar di Indonesia. Maklum saja, minat perokok di Indonesia untuk produk SKM tinggi sekali. Gudang Garam Filter diyakini sebagai produk tersukses dari segmen jenis rokok ini disusul dengan Djarum Super yang namanya sudah melegenda.

Selain dua produk tersebut ada nama-nama lain seperti Sukun Putih, Wismilak Diplomat, Sampoerna Mild, LA Lights, LA Bold, Djarum 76 Filter, Djarum Coklat Filter, Tuton SPR, Gudang Baru, dan masih banyak yang lainnya.

Ketiga, kategori ini berbeda dengan dua tipe yang disebutkan di atas. Rokok ini berjenis sigaret putih mesin (SPM) atau yang biasa disebut oleh banyak orang sebagai rokok putihan. Jenis rokok ini kebanyakan dibuat oleh mesin dan tanpa menggunakan bahan baku cengkeh serta racikan campuran tembakau.

Produk-produk SPM juga memiliki rasa yang berbeda dengan SKM atau SKT.  Contoh jenis rokok ini antara lain adalah Marlboro Merah, Gudang Garam Halim, Forte, Commodore, Marcopolo, Union, Ardath, Country, dan lain-lain.

Itulah tiga jenis rokok yang beredar di Indonesia, mana yang kamu sukai?

Baca Juga:  Review Rokok Djeruk, Benarkah Rasa Buah Jeruk?
Indi Hikami

TInggal di pinggiran Jakarta