Toko tembakau tobeko
Ragam

Toko Tembakau Tobeko Yang Populer Di Jogja

Di Yogyakarta, belakangan ini banyak sekali yang membuka usaha toko tembakau. Peristiwa tersebut terjadi karena banyak faktor. Salah satu faktornya adalah daya beli rokok masyarakat yang menurun selama pandemi, kemudian muncul kembali tren melinting dewe alias tingwe.

Sebetulnya sudah sejak lama muncul toko tembakau di Yogyakarta. Namun karena isu kenaikan cukai yang tiap tahun terus naik membuat pelapak baru bermunculan. Dari sekian banyak toko, salah satu yang populer di Yogyakarta adalah Tobeko Cigarette Shop.

Tobeko Cigarette Shop didirikan 6 tahun silam oleh Pak Budi Nugraha (biasa disapa Pak Anang). Tobeko kini sudah mempunyai 5 cabang di Yogyakarta dan 1 toko di Surakarta. Pada tahun pertama Tobeko berdiri, hanya ada 1 toko utama di daerah Nologaten, lebih tepatnya di belakang mall Ambarukmo Plaza.

Perubahan yang paling kentara adalah dahulu Tobeko Cigarette Shop hanya mempunyai toko yang kecil dan sempit. Namun sekarang toko utamanya sudah direnovasi menjadi lebih besar dan lebih nyaman tentunya untuk dikunjungi.

Toko tembakau pada umumnya biasanya hanya jualan tembakau irisan maupun tembakau kemasan beserta papir dan alat lintingnya. Namun, bebeda dengan Tobeko Cigarette Shop, mereka tidak hanya jual tembakau saja, melainkan juga berjualan berbagai merk dan jenis rokok yang bisa dibilang komplit. Mulai dari rokok golongan 3 hingga rokok golongan 1 pun tersedia di sana.

Baca Juga:  Istilah Rokok Andalan di Kalangan Perokok

Selain itu, Tobeko juga berjualan cerutu, pipa rokok beserta tembakau pipanya, asbak dan korek. Produk yang paling banyak di cari di tobeko adalah tembakau kemasan maupun tembakau iris yang mempunyai rasa-rasa.

Menurut saya, Tobeko Cigarette Shop bisa sepopuler saat ini salah satunya adalah karena kondisi toko yang bersih, penjaga tokonya juga ramah serta dekorasi tokonya yang klasik. Berbeda dengan toko tembakau lain yang dekorasinya sederhana dan hanya menampilkan display tembakau saja, Tobeko memajang tembakau dan juga rokok di etalase yang memenuhi tembok. Kita sebagai konsumen jadi termudahkan dalam melihat dan mencari rokok yang kita mau.

Selain itu, faktor media sosial juga yang membuat nama Tobeko Cigarette Shop lebih dikenal oleh khalayak. Bagi temen-temen yang berada di luar kota dan hendak memebeli produk yang ada di Tobeko, tidak usah khawatir, keinginginan temen-temen bisa terwujud. Tobeko bisa mengirimkan pesanan temen-temen dengan cara menghubungi instagram @tobeko.shop. Bisa juga melakukan pemesanan via kontak whatsapp yang tertera di bio instagram mereka.

Baca Juga:  Menghargai Pacar yang Merokok
Videographer , Komunitas Kretek
Penulis di Komunitas Kretek