Press ESC to close

3 Fungsi Sisa Rokok yang Jarang Diketahui Orang

Seluruh barang konsumsi setelah digunakan akan menjadi sampah, termasuk rokok. Namun jangan salah. Sisa-sisa rokok memiliki segudang manfaat yang jarang diketahui.

Sampah rokok bisa digunakan sebagai pestisida alami, berbagai furniture, dan bahkan bisa menjadi bahan campuran beton ringan. Berikut sisa rokok yang bisa kamu manfaatkan kembali.

1. Puntung

Hampir semua bagian dalam puntung rokok bisa dimanfaatkan kembali. Puntung rokok dapat digunakan sebagai furniture seperti asbak, kursi, meja, atau barang rumah tangga lainnya. Caranya dengan mengolah puntung rokok menjadi bubur terlebih dahulu.

Selain itu, puntung rokok juga dapat diolah kembali menjadi pestisida nabati. Berikut langkah-langkahnya:

– Rendam puntung rokok dengan air

– Tambahkan dengan beberapa tetes sabun sebagai perekat

– Kemudian tutup rapat menggunakan wadah kedap udara selama 10 hari

– Setelah 10 hari, olahan tersebut menghasilkan cairan fermentasi yang kaya dengan zat nikotin.

Puntung rokok yang telah diolah tersebut sudah siap digunakan sebagai pestisida

Tak hanya itu, puntung rokok juga dapat digunakan kombinasi lem. Puntung rokok memiliki unsur serbuk dan abu. Serbuk dalam puntung rokok dapat dijadikan sebagai campuran lem atau perekat yang kuat. Lem tersebut dapat dicampurkan ke abu rokok. Campuran ini akan menghasilkan tekstur keras dan lengket, sehingga dapat digunakan sebagai lem untuk benda keras seperti body kendaraan.

Baca Juga:  3 Trik Membuat Asap Rokok Terlihat Menakjubkan

Menurut beberapa penelitian, puntung rokok juga dapat digunakan sebagai bahan campuran untuk beton ringan berpori.

2. Busa

Tak hanya puntung yang dapat digunakan sebagai perekat, busa rokok juga dapat digunakan sebagai perekat. Caranya dengan mencampurkan lem dengan busa, campuran ini akan menghasilkan tekstur keras dan lengket. Perekat dari busa ini dapat digunakan untuk perbaikan peralatan rumah tangga.

3. Bungkus rokok(kertas pembungkus)

Bagian bungkus rokok atau kertas pembungkus rokok ini merupakan bagian yang paling mudah diolah daripada bagian yang lainnya. Tak perlu banyak langkah atau peleburan, kertas rokok dapat dibentuk menjadi berbagai aksesoris pajangan, dll.

Bagian grenjeng atau alumunium foil-nya dapat digunakan sebagai alat penulis sensitif. Alat penulis sensitif sama halnya dengan stylus pen atau pensil khusus untuk layar smartphone atau layar sentuh lainnya.

Berbagai sampah bekas dari barang yang sehari-hari sebenarnya berpotensi untuk dapat diolah kembali menjadi berbagai barang yang bermanfaat. Hal ini tentunya dapat mengurangi limbah yang mencemari lingkungan.

Baca Juga:  Bukan Rokok Penyebab Terbakarnya Gedung Notre-Dame

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *