7 Foto Tokoh yang Merokok Karya Henri Cartier-Bresson

Henri Cartier-Bresson adalah fotografer kelahiran Chanteloup-en-Brie Perancis 22 Agustus 1908 silam. Dia sering disebut sebagai pionir foto jurnalistik modern dan termasuk fotografer terbaik sepanjang masa. Hendri sangat piawai mengambil foto dengan cara candid fotografi. Sebuah teknik pengambilan gambar di mana subjek yang dipotret tidak dalam kondisi berpose atau “sadar kamera”. Sehingga, hasil yang didapat lebih alami dan tidak dibuat-buat.

Henri meninggal pada 3 agustus 2004 lalu. Saat ini semua karyanya bisa dilihat di situs Magnum Photo, sebuah lembaga reportase yang didirikan Henri bersama seorang jurnalis kelahiran Hungaria, Robert Capa.

Semasa hidupnya, Henri telah mengunjungi berbagai negara, termasuk Indonesia. Dari kunjungannya tersebut, Henri banyak memperoleh gambar-gambar bertema keprihatinan atas kemanusian.  Salah satunya, foto balita India yang kekurangan gizi, dengan tulang rusuk yang menggambarkan garis-garis roda yang ada di dekatnya.

Selain itu, beberapa karya Henri juga membidik momen tertentu dari kehidupan para tokoh terkenal, mulai dari sastrawan, filosof, dan artis. Uniknya, sebagian dari pose mereka diambil ketika tengah menghisap sebatang rokok atau pipa. Berikut adalah foto para tokoh dengan kebiasaan merokok karya Henri yang diambil dari Magnum Photo:

1. Jean Paul Sartre

Sartre

Sartre adalah seorang penulis, aktivis politik dan filosof eksistensialis terkemuka asal Perancis. Pria bermata juling ini diketahui sebagai perokok berat. Foto Sartre yang tengah menghisap rokok atau pipa terbilang cukup banyak. Jepretan Henri di atas adalah salah satunya. Di foto yang diambil tahun 1946 itu, Sartre nampak asyik dengan kebiasaannya menghisap pipa cangklong sambil bercengkrama bersama seorang arsitek, Jean Pouillon di jembatan Pont des Arts, Perancis.

2. Albert Camus

Camus

Sama seperti Sartre, Albert Camus juga punya kebiasaan merokok. Camus adalah seorang pemikir absurdis dan filosof perancis berdarah algeria. Semasa hidupnya, dia telah menulis berbagai novel, anatara lain The Stranger dan The Fall, yang mengantarkan dia meraih penghargann nobel sastra tahun 1957.

Foto Camus adalah satu dari sekian karya Hendri yang mendeskripsikan tujuan akhirnya sebagai seorang fotografer: “Di atas segalanya, saya mencari ketenangan batin,  saya berusaha menerjemahkan kepribadian bukan ekspresi”.

3. André Pieyre de Mandiargues

Andre

Andre adalah salah satu teman dekat Henri. Pertemanan keduanya terjalin sejak masih kanak-kanak. Andre lahir di Paris tahun 1909. Dia merupakan salah satu anggota Surrealists; gerakan seni-budaya yang tumbuh dan berkembang di tahun 1920-an. The Margin, satu diantara sekian karyanya, membawa Andre memenangkan Prix Goncourt; penghargaan dalam karya sastra Prancis yang diberikan oleh Akademi Goncourt. Foto Andre yang tengah menghisap produk tembakau diambil Henri di sebuah tempat di Itali tahun 1933.

4. Coco Chanel

Coco II

Salah satu tokoh yang terabadikan kamera Henri tengah menghisap produk tembakau adalah Coco Chanel, perancang busana terkanal asal Prancis. Potret Chanel di atas diambil di Paris, Prancis pada tahun 1964.

Chanel merupakan satu-satunya perancang busana yang masuk dalam daftar 100 orang paling berpengaruh abad 20 yang dirilis majalah Time. Berkat pengaruhdan dedikasinya di dunia fashion, pada tahun 1957 Chanel mendapatkan penghargaan dari Neiman Marcus Fashion Award, sebuah lembaga yang didirikan oleh Carrie Marcus Neiman and Stanley Marcus.

5. Jean Paulhan

Jean Paulhan

Jean Paulhan, pria kelahiran Nimes, Prancis 1938, dikenal sebagai seorang kritikus sastra handal. Dia juga pernah menjabat direktur majalah sastra  Nouvelle Revue Française. Salah satu karyanya yang paling diminati tentang kritik sastra adalah The Flowers of Tarbes, or Terror in Literature (1941). Buku tersebut membicarakan studi tentang bahasa alami dalam sebuah karangan fiksi.  Henri mendokumentasikan momen Jean Paulhan tengah menghisap pipa pada tahun 1946 di Circa, Paris, Prancis.

6. Fransisco Bores

Fransisco Bores

Pria kelahiran Madrid, 6 Mei 1898 ini merupakan salah satu tokoh terpenting dalam karya seni eropa abad 20. Kehadirannya sangat penting dalam gelombang kedua seniman Spanyol yang tiba di Paris pada tahun 1920, meski di negeri kelahirannya ia tidak mendapat pengakuan hingga tahun 1970-an ketika realisme sosial dalam seni mulai dihargai.

Gaya Bores yang banyak dikagumi itu tidak lepas dari kedekatan dia dengan dua seniman besar  yaitu Pablo Picasso dan Henri Matisse. Karya-karya Bores adalah harmonisasi dari gaya lukisan kedua tokoh tersebut.

7. Marcel Duchamp

Marchel D

Duchamp adalah seniman Prancis. Dia merupakan salah satu seniman terkemuka abad 20. Namanya sering dikatkan dengan gerakan dadaisme dan surealisme. Karya dan ide Duchamp banyak mempengaruhi perkembangan seni barat modern pasca perang dunia I. Salah satu buah tangan Duchamp yang paling dikenal hingga saat ini adalah Nude Descending a Staircase, No. 2: sebuah lukisan minyak yang menggambarkan sebuah gerakan abstrak.

Pada tahun 1955 Duchamp memutuskan untuk pindah kewarganegaraan menjadi waga negara Amerika Serikat. Gambar Duchamp diambil ketika dia tengah berada distudionya di Neuilly-sur-Seine, Prancis tahun 1968.

(Visited 687 times, 6 visits today)

Komentar

komentar

Categories: Ragam

Tags: ,