Empat Tips Aktivitas Sehat Bagi Kretekus

Hallo Kretekus… Tahukah kalian bahwa pola hidup sehat adalah pola hidup yang menjaga keseimbangan? Pasti sudah tau ya, wong dari bangku sekolah dan celoteh orang tua tentang kesehatan hal tersebut sudah diinformasikan kepada kita secara berulang-ulang. Jadi barang siapa yang dapat menjaga keseimbangan pola hidupnya maka niscaya hidup sehat sudah tentu jadi miliknya. Nah, untuk para kretekus yang sering dicap sebagai bagian dari pola hidup tidak sehat, tentunya hal itu dapat ditepis dengan menjaga keseimbangan melalui beberapa tips sehat yang disajikan. Dan perlu diketahui, hal ini juga baik bagi para anti-kretekus, karena belum tentu pola hidup kalian sudah seimbang. Baiklah, berikut adalah empat tips sehat bagi para kretekus :

Melakukan Gerakan Yoga

Sejak 5.000 tahun yang lalu, yoga sudah dikenal di India dan hingga kini di seluruh dunia sebagai aktivitas olah tubuh dan pikiran yang berfokus pada pernapasan, fleksibilitas, dan kekuatan untuk meningkatkan kualitas rohani dan jasmani bagi yang melakukannya. Hal yang mendasar dari yoga terletak pada rangkaian gerakan dan teknik pernafasan. Apa saja manfaat yoga?

Pertama, Sebagai sarana relaksasi tubuh. Sejumlah penelitian membuktian bahwa melakukan yoga dapat mengurangi kecemasan dan stress pikiran. Sebab, stress dan kecemasan berlebih tentunya membuat pikiran dan mood tidak stabil. Dengan beberapa gerakan yoga yang dapat merelaksasi tubuh, maka pelakunya dapat mempersepsikan dirinya dengan amat baik.

Kedua, Fleksibilitas tubuh untuk kesehatan. Pada hakikatnya, manusia harus bergerak. Namun tidak semua gerakan manusia adalah fleksibilitas, karena banyak gerakan manusia yang membuat ketegangan terhadap otot-otot. Nah, jika kita melakukan gerakan-gerakan yoga, maka otot-otot menjadi lebih renggang dan lentur sehingga fleksibilitas akan terbangun dan sangat ampuh untuk mengurangi rasa cepat lelah.

Ketiga, Mengurangi potensi penyakit kronis. Tak perlu takut dengan potensi-potensi penyakit kronis, seperti penyakit jantung, paru-paru, impotensi, dan kanker. Dengan melakukan yoga secara teratur akan menekan frekuensi denyut jantung yang akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan kadar koleterol, menjaga metabolisme tubuh dan melancarkan peredaran darah.

Nah bagi kalian para kretekus sekalian, cobalah sisihkan waktu anda untuk melakukan gerakan yoga, tak harus repot memanggil instruktur, lakukanlah sendiri dengan modal googling gerakan dasar yoga, tak sulit untuk melakukan gerakan-gerakan yoga dasar.

Bermain Catur

Nah, jika tips pertama mengenai sudah dilakukan, mari beranjak ke tips yang kedua. Kalian para kretekus sering main catur? Ya, bermain catur adalah tips sehat kedua dalam menjaga keseimbangan tubuh. Adapun manfaat bermain catur bagi kesehatan adalah :

Pertama, Mendorong pertumbuhan otak. Bermain catur memang tak menumbuhkan otot-otot kalian menjadi besar, namun pertumbuhan otaklah yang didorong untuk tumbuh. Melalui konsentrasi dan tingkat intelektualitas tinggi, maka syaraf motorik akan berjalan merespon semua jaringan-jaringan tubuh yang nantinya akan merangsang pertumbuhan dendrit pada otak. Dendrit sendiri adalah badan sel yang mengirimkan sinyal darisel-sel neutron otak.

Kedua, Mencegah kepikunan. The New England Journal of Medicine mengeluarkan hasil penelitian yang menemukan fakta bahwa, orang-orang di atas usia 75 tahun yang bermain catur, akan terhindar dari kepikunan jika dibandingkan rekan-rekan sebayanya yang tidak bermain catur. Sebab, kemampuan otak terus diasah dan fungsinya terus-menerus digunakan.

Bagi para kretekus, bermain catur sambil menghisap kretek merupakan pola yang baik untuk merangsang kesehatan otak. Dan percayalah di dalam akal yang sehat terdapat juga badan yang sehat.

Berkebun

Aktivitas berkebun sekarang ini sudah menjadi bagian dari lifestyle, bukan hanya bagi orang desa tapi juga bagi orang-orang urban. Tak usah ditanya lagi manfaatnya bagi lingkungan, selain akan semakin menambah ruang terbuka hijau dan kemandirian pangan, berkebun juga memberi manfaat baik bagi kesehatan. Para kretekus harus memulai aktivitas ini, sebab manfaatnya bagi kesehatan antara lain :

Pertama, Sama dengan olahraga. Banyak yang tidak menyadari bahwa berkebun memiliki persamaan dengan aktivitas fisik yang intensitas moderat setara dengan berlari di atas treadmil berkecepatan 5 km/jam. Selain membakar kalori tentunya berkebun juga dapat meningkatkan kesehatan jantung. Menurut penelitian dari Westminster University, Inggris menunjukan bahwa mereka yang menyisihkan beberapa menit sehari mengurus tanaman, membersihkan hama, memberi pupuk, akan memiliki Body Mass Index lebih rendah ketimbang mereka yang tidak berkebun.

Kedua, Menjaga vitalitas pria. Tak usah repot mengkonsumsi obat-obatan untuk menjaga vitalitas pria, lebih baik mulailah kegiatan berkebun. Dalam urusan kesehatan pria, khususnya dalam urusan seks, berkebun bisa mengatasi masalah impotensi atau disfungsi ereksi bagi pria. Selain itu berkebun juga dapat menurunkan resiko impotensi, sebab rileksasi dalam berkebun merupakan hal penting dalam menjaga vitalitas pria.

Mulailah bagi para kretekus untuk berkebun. Dapatkan sensasi nikmatnya menghisap kretek dikelilingi lebatnya tanaman-tanaman setelah selesai berkebun

Bersepeda

Bagi para kretekus yang sudah merasa nyaman dengan kendaraan bermotor, sadarlah bahwa bersepeda adalah hal baik bagi kesehatan kalian. Berikut adalah alasan kenapa bersepeda merupakan aktivitas wajib dalam menjaga keseimbangan pola hidup.

Pertama, Memperbaiki sistem organ-organ tubuh. Kompleksitas manfaat kesehatan dalam bersepeda disebabkan karena bersepeda adalah olahraga kardio dan mekanis. Dikategorikan bentuk olahraga kardio dan mekanis karena dengan bersepeda kinerja jantung, paru-paru, dan sistem sirkulasi akan meningkat. Dengan otot jantung yang terlatih kinerjanya akan lebih efektif dalam proses menghantarkan darah dan oksigen ke seluruh tubuh anda. Makin baik sistem peredaran darah dalam tubuh, makin rendah seseorang terkena serangan jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi.

Kedua, Merawat sendi dan Membakar kalori. Selain memperbaiki sistem organ tubuh dalam, bersepeda juga membuat mobilitas dan fleksibilitas pada otot-otot serta sendi-sendi pada kaki dan tangan. Sehingga bersepeda dapat mengurangi kerusakan pada sendi dan otot para kretekus sekalian. Sementara itu, menggowes sepeda juga bermanfaat membakar kalori dalam tubuh. Bagi para kretekus yang ingin menjaga berat badan, bersepedalah secara rutin dan teratur, karena juga dapat menghindari obesitas.

Nah para kretekus sekalian, empat tips tadi adalah bagian dari menjaga keseimbangan pola hidup agar dapat memenuhi pola hidup sehat kalian. Ingat ya, mengkretek tidak membunuhmu loh, yang membunuh itu adalah pola hidup yang tidak menjaga keseimbangan.