Press ESC to close

GUDANG GARAM SIGNATURE MILD: Pilihan Tepat Tahun 2023

Gudang Garam Signature Mild adalah pilihan tepat sebagai teman menjalani tahun 2023.

Bagi seorang perokok mapan yang telah melewati tahun lalu dengan mulus dan lancar, awal tahun baru merupakan pijakan untuk mencoba sesuatu yang berbeda. Karena yang berbeda dari kebiasaan adalah kebaruan. Kebaruan menunjukkan citra bahwa orang tersebut kreatif dan suka tantangan dalam beraktivitas, juga dalam berkarya. Termasuk mencoba rasa rokok yang belum pernah dinikmatinya. 

Menjelang tahun baru beberapa teman yang aktivitas kesehariannya menjadi konten kreator, dan freelancer bertanya pada Roki: “Rokok apa yang cocok untuk memulai tahun 2023? 

Terus terang saja Roki awalnya tidak punya jawaban. Karena untuk mencoba rokok yang berbeda dari kebiasaan sebelumnya tentu tidak mudah. Rasa rokok itu berkaitan erat dengan selera. Rokok tersebut juga harus menyesuaikan dengan aktivitas keseharian seseorang. Dan yang penting juga harus terlihat elegan Ketika dibawa nongkrong bareng teman-teman di kedai kopi usai ngampus atau setelah pulang bekerja. 

Mild untuk Yang berjiwa Muda

gudang garam signature mild terbaik

Namun pertanyaan teman tadi ternyata juga tidak terlalu sulit jawabannya. Karena usai makan siang di sebuah kedai makan di Jalan Kaliurang, Roki mampir di toko langganan untuk membeli rokok buat stok nanti  malam. Saat memasuki toko tersebut, seperti biasa Roki melihat-lihat dulu berbagai macam rokok yang ada di etalase kaca dekat kasir. Karena sudah terbiasa beli di toko ini dan bisa dibilang sudah menjadi langganan, setiap Roki datang Si Ibu pemilik toko yang biasa duduk di kasir selalu menyapa akrab. Sambil ngobrol ala kadarnya Roki melihat-lihat etalase rokok.

Di antara deretan berbagai jenis rokok dalam etalase tersebut terdapat Gudang Garam Signature Mild. Warna bungkusnya asyik banget. Biru muda, kalem. Roki minta pada ibu pemilik toko untuk mengambilkan Signature Mild agar bisa melihat dari dekat. Saat memegang bungkusnya krasa pas dalam genggaman. Elegan karena dominasi warnanya yang biru muda. Setiap sudut kemasannya tersambung rapih. Gak ada yang meleset. Presisi. Bentuk kemasannya luwes. Gak kaku kotak. Ya, rokok perusahaan mazhab besar tentu tak mau mempertaruhkan kemasannya sembarangan. Proses akhir produksinya tentu diawasi dengan quality control yang ketat, pikir Roki.

Pada tampilan muka kemasannya ada logo khas Gudang Garam dengan image lengkung rel kereta dan lima deret pucuk atap dengan latar dua buah gunung berjajar. Di bawah logo itu ada tulisan Gudang Garam berwarna putih yang terasa makin serasi dengan nuansa warna dasar yang berwarna biru muda. Di bawah tulisan Gudang garam terdapat tulisan Signature Mild berukuran lebih kecil untuk menunjukkan bahwa rokok ini merupakan produk unggulan untuk kelas rokok kretek SKM Low Tar Low Nicotine (LTLN). Di bawah tulisan Signature Mild ada tanda lima bintang yang menegaskan bahwa rokok mild ini memang produk berkelas.

Pada bagian bawah terdapat tulisan Premium Filter. Tulisan di atas plat warna perak ini semakin menjelaskan isi dalam kemasannya bahwa produk rokok ini masuk ke dalam kelas premium. Di bawah tulisan Premium Filter ada tulisan Kretek Cigarettes, rokok kretek yang di dalam tiap batangannya terdapat rempah cengkeh. Pada bagian paling bawah terdapat tulisan made ini Indonesia dengan ukuran font paling kecil di antara semua yang tertulis dalam tampilan muka.

Baca Juga:  Tiga Rokok Rasa Buah yang Populer

Gudang Garam Signature Mild merupakan produk asli Indonesia. Lokasi pabriknya ada di Kediri, Jawa Timur. Makanya hal itu ditegaskan lagi pada bagian paling bawah garis plat warna perak dengan tulisan Made in Indonesia yang menandakan rokok mild ini dibuat di Indonesia. Karena bisa saja yang menikmati rokok ini juga orang dari luar Indonesia. 

Pada bagian belakang kemasan juga ada logo dan tulisan Gudang Garam Signature Mild dengan tanda bintang 5 yang ukurannya diperkecil karena memberi ruang description statement berbahasa Inggris dari Surya Wonowidjojo, bos besar pendiri pabrik rokok Gudang Garam. Jika dibahasa Indonesia ‘kan deskripsi itu mengatakan bahwa “Gudang Garam melestarikan tradisi Indonesia dalam membuat rokok kretek berkualitas tinggi. Dengan menggunakan teknologi modern dan tembakau kualitas terbaik, kami menghadirkan perpaduan klasik yang disempurnakan oleh Surya Wonowidjojo.” Di atas tulisan deskripsi itu di antara logo dan tulisan Gudang garam Signature Mild tertera tanda tangan Surya Wonowidjojo.

Kalau melihat tampilan bungkus kemasannya, produk rokok mild ini memang dibuat dengan sangat serius dan detail serta ditujukan buat anak muda yang suka dengan cita rasa tinggi rokok rendah tar dan rendah nikotin. Desain bungkus kemasannya juga asyik buat dibawa nongkrong sambil ngopi bareng teman-teman.

Roki akhirnya beli. Lalu berkirim kabar lewat Whatsapp sambil melampirkan foto sebungkus rokok Gudang Garam Signature Mild pada teman yang bertanya tadi: “Eureka! Nih rokok buat  tahun 2023, Lur.”

Harganya Rp27.000. HJE di pita cukai yang tertera 30500. Untuk produk premium harga ini masih relatif terjangkau. Selain itu masih ada juga varian yang isinya 12 batang harganya Rp21.200,-. Sambil mengantongi rokok Roki berjalan menuju parkiran dan tancap gas menuju rumah. 

Harga Terjangkau dan Rasa Memukau

gudang garam signature mild

Untuk menikmati produk unggulan ini rasanya kurang asyik kalo sendiri di rumah. Malamnya, Roki ngajak janjian beberapa teman yang bertanya tadi untuk ngopi bareng di sebuah kedai kopi di jalan Damai, Yogyakarta. Tentu saja sambil mencoba rokok yang tadi Roki Beli. Di atas kedai kopi, Roki taruh sebungkus Gudang Garam Signature Mild dengan bungkus yang masih plastikan. 

Teman Roki mengambil dan memegang sambil mengamati tiap detail bungkus rokok yang ada dalam genggamannya. Kopi pesanan datang. Rokok kemudian dibuka. Tampilan batangannya rapi dengan selimut kertas foil atau grenjeng warna silver yang berkilau. Di kertas foil pembungkus batangannya terdapat tulisan Signature di bawahnya ada bintang berjejer lima. Isi batangannya berjejer dua baris dengan tiap baris berisi 8 batang. Gudang Garam Signature Mild ini berisi 16 batang. 

Saat dipegang batangannya agak lebih besar dibandingkan dengan rokok mild pada umumnya. Gudang Garam sepertinya ingin berbeda dengan tampilan batangannya yang berukuran agak besar. Kertas batangannnya bergaris pattern horizontal. Pada batas isap filternya terdapat garis berwarna biru muda dengan tulisan Signature berwarna perak. Di atasnya pada filter terdapat lima bintang yang berjajar, juga berwarna perak. Motif filternya warna abu-abu kalem yang selaras dengan warna bintang dan plat garis batas pada filternya. Melihat bentuk batangannya yang agak besar Gudang Garam ingin memberikan sesuatu yang berbeda atas produk mild-nya kepada perokok dengan sesuatu yang baru. Sangat pas dengan taglinenya: New Style of Mild.

Baca Juga:  Strategi Merokok di Bulan Puasa

Usai seruput kopi dan meletakkan gelasnya di atas meja, Roki sengaja membiarkan teman membakar terlebih dahulu sebatang. Mengisapnya dalam-dalam. Begitu menikmati.

“Gimana rasanya?” Tanya Roki.

“Enak nih, cocok!” jawabnya lekas, sambil tertawa.

Roki mengambil sebatang lantas menempelkan pada hidung sebelum menyulutnya. Aromanya wangi, lembut, dan sedap. Selaras dengan desainnya, pikir Roki. Aroma wangi ini kalem selaras dengan desain warna kalem dari tampilan kemasannya. Saat ujung api menyentuh ujung bakar batangannya, rasa pertama yang muncul spicy dengan tingkat ketajaman level menengah. Tidak terlalu spicy atau pedas. Rasa spicy itu berpadu dengan rasa manis yang sedang. Tidak terlalu manis. Rasa sepetnya juga halus. Cocok buat teman ngopi.

“Aku suka rasa pedas-manisnya yang gak terlalu tajam,” kata teman Roki, saat dia melihat Roki tengah memejamkan mata menikmati kepulan asap yang dihembuskan.

“Ya,” kata Roki. “After Taste-nya tetap krasa halus di mulut dan tetap stabil rasanya.”

Rokok ini gak salah lagi kalo disebut sebagai New Style of Mild karena memang tampilannya beda. Mild yang biasanya mungil dengan durasi singkat kini jadi lebih panjang durasi isapnya. Seolah perokok dibiarkan menikmati rasa halus cita rasanya dengan agak lebih lama tapi tetap gak terasa berat.  

Rokok ini selain bisa dinikmati bareng teman sambil nongkrong di kedai kopi juga bisa mengisi jeda saat jam istirahat kantor. Rasa yang ditimbulkan membuat kita makin nyantai, rileks, dan memunculkan rasa nikmat yang gak gampang sirna. Rasa pedas-manisnya yang gak tajam membuat pikiran kita seperti diketuk dengan lembut. Membuat penikmatnya menjadi lebih santai dan gembira. Kalau kata anak muda sekarang, jedi lebih enjoy. 

Gudang Garam Signature Mild sepertinya layak mendapat title bintang lima karena kemampuannya menjaga kenikmatan sampai isapan terakhir. Penikmatnya juga merasakan energi kreatifnya tetap terjaga walaupun dalam kondisi enjoy dan rileks. Gak salah lagi jika rokok ini bisa dijadikan rokok pilihan untuk tahun 2023. Karena secara harga rasanya masih terjangkau dengan kantong pekerja kreatif ataupun pekerja berjiwa muda.  

Menikmati malam bareng teman di kedai kopi jadi makin asyik. Obrolan berlarian dari satu hal ke hal lainnya. Jadi gak krasa jika malam telah merangkak naik. Kopi di atas meja tandas. Berbatang-batang Signature Mild telah menemani obrolan yang menyenangkan.

Sebelum pulang, teman Roki telah menetapkan rokok ini sebagai pilihan tepat untuk tahun 2023. Nampaknya dia sangat terpukau oleh rasa dan karakter Signature Mild.

Komunitas Kretek
Latest posts by Komunitas Kretek (see all)

Komunitas Kretek

Komunitas Asyik yang Merayakan Kretek Sebagai Budaya Nusantara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *