Press ESC to close

Bisakah Rokok Win Filter Menyaingi Rasa dari Djarum Super?

Konon, rokok Win Filter merupakan calon pesaing berat dari merek lawas asal Kudus, yaitu Djarum Super. Benarkah demikian?

Ada produk rokok asal Malang yang pada saat ini cukup tenar dan menjadi favorit banyak orang. Produk itu bernama WIN. Target pasar rokok Win menyasar kepada segmen kelas menengah ke bawah. Semenjak kenaikan cukai yang tak terbentung, banyak orang yang beralih ke rokok yang lebih murah. Rokok Win merupakan salah satu rokok yang menjadi favorit untuk turun kasta. 

Rokok Win mempunyai banyak varian. Ada Win Kretek, Win Bold, Win Filter, Win Click, Win Mild, Win Kuning, dan Win Hijau. Di antara varian tersebut, yang cukup menarik perhatian adalah rokok Win Filter. Produk yang satu ini termasuk ke dalam jenis SKM Reguler. Salah satu yang bikin menarik ialah Win Filter dianggap kompetitor dari Djarum Super. Benarkah demikian? 

Review Rokok Win Filter 

Bungkus rokok Win Filter didominasi oleh warna merah maron dengan perpaduan warna emas. Dengan kertas pembungkusnya yang glossy, membuatnya lebih menarik dan tampak segar. Ada tulisan Win Filter dengan warna hitam di dalam motif persegi bewarna emas. Pada bagian bawahnya terdapat tulisan 20 Kretek Filter ‘Made in Indonesia’. Makna dari tulisan tersebut ialah produk lokal yang mana berisi 20 batang.

win filter

Kandungan tar dan niktoin dari rokok ini cukup besar, yakni 31 MG tar dan 2,2 MG nikotin. Secara keseluruhan bungkus rokok ini terkesan sederhana dan ciamik. Tidak banyak motif yang mengganggu serta perpaduan warna yang pas membuatnya lebih eyecatching. Ukurannya memang tidak ramah ketika digenggam. Namun, wajar saja rokok ini berisi 20 batang rokok dengan ukuran king size. 

Aroma dari rokok ini cukup nikmat. Aroma tembakau dan cengkih serta rempah-rempah lainnya cukup terasa wangi. Batang rokoknya menggunakan papir bewarna putih dan filter bewarna kuning kecoklatan. Ada tulisan Win Filter pada bagian pembatas papir dan filternya dengan background warna merah yang melingkar. 

Baca Juga:  Lima Kebiasaan Unik Penikmat Kretek non Filter

Jika bakar rokok ini, tarikannya soft banget. Sensasi menghisapnya itu mirip dengan menghisap rokok bold. Rasa rokok Win Filter ini lebih dominan gurih dan spicy. Terdapat rasa manis namun tipis. Rasa rempahnya cukup tebal dan rasa fruity-nya cukup terasa. Aftertaste-nya sedikit meninggalkan rasa pahit namun tidak berlebih. Secara keseluruhan dari rasa rokok Win Filter ini cukup enak di lidah saya.  

Kelebihan dan Kekurangan Win Filter

Kelebihan dari rokok Win Filter daripada Djarum Super adalah harganya. Banderol harga untuk Djarum Super yang berisi 12 adalah 25 ribu rupiah. Sedangkan, harga rokok Win Filter yang berisi 20 batang, kamu cukup merogoh kocek sebesar 26 ribu rupiah. Jika mengambil rata-rata harga per batang Djarum Super lebih dari 2000 rupiah. Sedangkan untuk harga per batang Win Filter masih masuk dalam angka 1300 rupiah saja. 

rokok win filter

Kelebihan lainnya ialah rokok ini tersedia dengan isi 20 batang. Jika dalam sehari kita merokok 12 batang rokok, setiap hari kita membeli rokok. Namun, jika kita membeli rokok Win Filter, kita bisa membeli rokok setiap dua hari sekali. Cocok untuk kaum mager yang malas beli rokok setiap hari. 

Kekurangan dari rokok Win Filter adalah distribusinya yang masih kalah jauh daripada Djarum Super. Hal ini pun sebenarnya wajar karena, dari segi golongan pun berbeda. Jika Win Filter termasuk SKM golongan dua, Djarum Super termasuk SKM golongan satu. Itu pula yang membedakan dari segi produksinya. Beruntung, saya masih tinggal di tempat yang mudah menemukan Win Filter. 

Djarum Super yang Tak Tergantikan

Berbicara soal rasa, tentu rokok Djarum Super lebih enak daripada rokok Win Filter. Bagi saya, Djarum Super selalu membekas di hati sebab rokok itu adalah rokok pertama saya. Jadi, mau beralih ke mana pun pasti akan kembali ke Djarum Super. 

Baca Juga:  Menu Buka Puasa ala Kretekus

djarum super

Namun, yang perlu diingat, dalam kondisi saat ini, rasa dari sebuah produk rokok itu bisa tergantikan dengan harga. Jika kondisi ekonomi sedang tidak baik, namun harga rokok yang kita hisap itu sudah melambung, opsi yang paling masuk akal adalah turun kasta. 

Walaupun Djarum Super tak tergantikan namun saya tetap merekomendasikan Win Filter apabila ingin beralih atau turun kasta. Isi lebih banyak dan harga termasuk ramah di kantong menjadi daya tarik utama. 

Win Filter Menjadi Pilihan untuk Turun Kasta

Ketika memasuki akhir bulan, saya pun memilih untuk turun kasta. Sasaran utama, sudah pasti Win Filter. Namun begitu, jika saya ingin menikmati rokok mild, saya akan memilih Win Mild. Jika saya lagi pengen rokok dengan rasa-rasa, Win Click solusinya. 

Varian rokok Win yang komplit adalah sebuah kelebihan yang tidak kita dapatkan dari rokok manapun. Segala sektor tersedia, tinggal kita pilih aja sesuai selera dan kantong masing-masing. Begitu juga teman-teman saya banyak yang beralih ke rokok Win. 

Win menawarkan berbagai solusi dari kecemasan akan harga rokok yang kian melambung dan tak terbeli. Varian cukup banyak, rasa yang enak, dan harga sesuai selera menjadi tiga alasan mengapa rokok Win layak menjadi rokok harian. Wabilkhusus, rokok Win Filter. 

Bagas Nurkusuma Aji

Bagas Nurkusuma Aji

Videografer di Komunitas Kretek. Lahir dan besar di Turi, Sleman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *