3 Rekomendasi Rokok Enak dari Surabaya, Salah Satunya Diplomat

rokok enak dari surabaya

Surabaya terkenal dengan jenis makanannya. Namun, jangan lupa rokoknya. Ada beberapa rokok enak dari Surabaya. 

Surabaya memang tidak seperti Kudus dan Malang yang mempunyai banyak pabrik rokok. Namun, terdapat satu pabrik rokok yang bisa mengalahkan kepopuleran dari pabrik rokok yang ada di Kudus, Malang maupun Kediri. Yap, PT HM Sampoerna namanya. Pabrik ini punya sejarah yang panjang, mulai dari Dji Sam Soe hingga menjadi pelopor produk rokok mild di Indonesia. 

Selain itu, di Surabaya juga ada PT Gelora Djaja Surabaya. Pabrik ini terkenal dengan produknya yang diberi nama Wismilak. Produk rokok Wismilak ini mempunyai banyak varian rokok kecuali rokok putih dan klobot. Selain itu, rokok ini cukup terkenal dan mempunyai penikmat seantero Indonesia. 

Berikut rokok enak dari Surabaya yang wajib kalian coba!

1. Dji Sam Soe

Rokok Dji Sam Soe sudah ada sejak tahun 1913. Konon katanya, desain bungkus rokok Dji Sam Soe tidak pernah berubah hingga tahun 2000. Selain itu juga, banyak kepercayaan di masyarakat bahwa rokok Dji Sam Soe dapat menjadi obat flu. Rokok ini bisa dibilang salah satu rokok legendaris dan merupakan produk terbaik dari HM Sampoerna. 

Rokok ini termasuk ke dalam jenis rokok Sigaret Kretek Tangan (SKT). Dengan campuran cengkeh khas nusantara dan beberapa rempah lain yang membuat rasa rokok ini terasa nikmat. Walaupun rokok ini termasuk golongan rokok SKT, namun tarikannya itu enteng banget. Komposisi batangnya yang tidak terlalu padat yang membuatnya terasa enteng. 

Dji Sam Soe
Rokok Dji Sam Soe, Salah Satu Produk Legendaris Sampoerna

Sensasi rasanya lebih dominan gurih. Rasa manis dan spicy-nya tipis. Rasa tembakau dan cengkehnya terasa dominan. Aftetrastenya enak dan tidak meninggalkan rasa pahit di tenggorokan. Harganya cukup mahal untuk golongan rokok SKT. Untuk Dji Sam Soe yang reguler dibandrol dengan harga 18 ribu rupiah sedangkan untuk Dji Sam Soe Premium dibandrol dengan harga 22 ribu rupiah.

Baca Juga:  Menyapa Warga Papua dengan Tembakau

2. Magnum 

Rokok magnum ini ada 3 macam yaitu Magnum Reguler, Magnum Classic dan Magnum Mild. Dari ketiganya, saya paling suka dengan Magnum Reguler. Rokok ini mempunyai ciri khas yaitu batangnya yang sedikit lebih besar dibanding rokok SKM Reguler pada umumnya. Selain itu juga rokok ini papir dan filternya itu berwarna putih. Hampir sama dengan rokok mild. 

magnum regular
Rokok Magnum Regular

Rasa rokok ini lebih dominan manis dan gurih yang balance. Rasa spicy-nya ada namun tipis banget. Walau rokok ini mempunyai batang yang besar namun tarikannya itu soft banget. Asapnya itu nyaman banget masuk ke tenggorokan. Astertastenya pun nikmat, tidak ada rasa pahit berlebih. 

Soal harga, rokok ini dibandrol dengan harga 24 ribu rupiah. Harga yang cukup terjangkau untuk ukuran rokok SKM Reguler saat ini. Dengan harga segitu pula kita sudah mendapatkan rokok SKM dengan sensasi yang enak. Cukup worth it untuk dijadikan sebagai rokok harian sobat kretekus.

3. Wismilak Diplomat

Rokok Wismilak Diplomat ini diproduksi oleh PT Gelora Djaja Surabaya. Terdapat 3 varian dari rokok ini yaitu Diplomat yang reguler, Diplomat Mild dan Diplomat Evo. dari ketiga varian rokok Diplomat, saya paling suka dengan Diplomat yang reguler. Bagi saya, rokok ini mempunyai ciri khas rasa yang tidak dimiliki rokok SKM lainnya. Selain itu, batang rokok ini juga menggunakan papir berwarna putih dengan kotak-kotak kecil mirip dengan kertas yang ada di dalam buku mata pelajaran matematika. 

Baca Juga:  Harga Rokok Surya 16 dan Surya 12, Mana Lebih Mahal?
rokok diplomat
Rokok Wismilak Diplomat

Sensasi rasanya itu kuat, mulai dari spicy, manis, gurih dan fruity-nya. Terasa balance mulai dari tarikan pertama dan konsisten. Mungkin bagi sobat kretekus yang belum pernah mencoba rokok ini akan merasakan sensasi pedas yang berlebih. Aftertaste-nya pun cukup enak, tidak meninggalkan rasa pahit berlebih di tenggorokan. Secara keseluruhan, rokok ini nikmat banget tentunya. 

Soal harga rokok ini dibandrol dengan harga 22 ribu rupiah. Harga yang standar untuk rokok SKM reguler. Rokok ini sangat cocok dinikmati dalam suasana apapun. Baik itu saat cuaca dingin maupun saat cuaca panas. Rokok ini juga worth it untuk dijadikan sebagai rokok harian sobat kretekus para pecinta rokok SKM Reguler. 

Setelah mengetahui tiga rokok enak dari Surabaya, mana yang merupakan rokok pilihanmu?

Bagas Nurkusuma Aji