Tribute To Kretek, Sehat Tertawa Bahagia

Kretek telah menemani hidup bangsa ini selama ratusan tahun. Sebagai komoditas, Ia memberikan sumbangan besar bagi pemasukan negara melalui cukai serta pajak-pajak lainnya. Sebagai warisan budaya, Kretek telah menemani kehidupan masyarakat beserta berbagai tradisi yang melekat di nusantara. Sederhananya, Kretek adalah bagian yang tak terpisahkan bagi bangsa ini.

Namun, dalam satu dasawarsa terakhir, Kretek telah banyak didiskriminasi oleh pegiat anti rokok. Keberadaan hari tanpa tembakau tentu menegasikan jutaan masyarakat Indonesia yang hidup berdampingan dengan tembakau. Tanpa melihat hidup jutaan petani tembakau dan buruh di pabrik kretek, antirokok begitu bernafsu membunuh tembakau.

Kalau didiamkan, bukan tidak mungkin orang-orang yang berteriak lantang dengan topeng kesehatan itu akan semakin menggila. Beberapa orang perlu memulai perlawanan balik, agar aksi mereka diminimalisasi atau kalau bisa tidak lagi perlu ada.

Karena itulah, sejak tahun lalu Komunitas Kretek menyelenggarakan Tribute To Kretek untuk merayakan Kretek sebagai budaya bangsa. Sebagai wujud syukur terhadap warisan budaya dan berkah alam yang menguntungkan ini, pesta kecil akan digelar.

Dengan tema “Sehat, Tertawa, Bahagia” Tribute To Kretek tahun ini menampilkan berbagai kegiatan untuk membuat anda menikmati hidup ini. Akan hadir kumpulan penyayi, komedian, hingga MC asal Jogja yang super-lucu yang dibungkus dalam sebuah orkestra bertajuk Orkestrawa .

Selain itu anda juga bisa tertawa bersama Agus Mulyadi dan para pembaca Mojok Dot Co pada peluncuran buku Seleb Facebook Iqbal Aji Daryono. Ada pula Workshop Chete, seni seni membatik rokok, dengan memanfaatkan bubuk kopi khusus dan Workshop Kopi, tentang bagaimana menyajikan kopi yang baik.

Akan hadir pula komunitas-komunitas yang mungkin bisa mengakomodasi hobi anda seperti Komunitas Catur, Komunitas Cangklong, dan Komunitas Akik. Tak ketinggalan tentunya akan menampilkan pameran poster-poster seniman dalam negeri.

Tribute To Kretek akan berlangsung di Teater Kecil Taman Ismail Marzuki, tanggal 31 Mei 2015. Mari datang bersama keluarga, teman, pacar, gebetan, mantan, atau siapapun yang ingin anda ajak. Mari bergembira bersama.