Daya Tahan Tubuh dan Pola Hidup

rokok
rokok

Setiap orang memiliki daya tahan dan sistem imun dengan kekuatan masing-masing. Mereka yang dengan riwayat genetik dan pola hidup baik akan memiliki kekebalan sistem imun yang baik pula. Tapi bagi mereka dengan faktor genetik kurang baik serta pola hidup yang buruk akan memiliki kekebalan imun yang jelek pula.

Sistem imun ini pula lah yang menyebabkan seseorang mudah terkena penyakit atau tidak. Terutama penyakit-penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Namun, berperan pula untuk penyakit-peyakit tak menular seperti jantung dan kanker.

Bagi orang dengan riwayat genetik yang baik, dalam arti tidak memiliki keturunan penyakit apa pun akan lebih mudah untu mempertahankan kondii normal tubuhnya. Asalkan pola hidup tetap dijaga baik dan seimbang. Tapi, orang dengan riwayat genetik memiliki penyakit keturunan atau sejenisnya tentu butuh usaha ekstra untuk mempertahankan kondisi tubuh normal.

Selain faktor genetik, pola hidup dan kebiasaan sehari-hari pun tentu bisa mempengaruhi sistem kekebalan tubuh yang pada dasarnya merupakan barrier dari segala macam penyakit. Pola hidup tentu sangat erat hubungannya dengan pola konsumsi. Makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari serta aktivtas fisik adalah hal yang pun sangat berpengaruh.

Meski manusia memiliki sistem kekebalan yang luar biasa ini, yang menentukan sehat tidaknya tubuuh tetaplah kebiasaan dan pola hidup. Mungkin ini yang bisa menjawab kenapa orang-orang zaman dahulu bisa memiliki umur yang rata-rata lebih panjang, lihat saja pola konsumsinya masih sangat baik. Buah dan sayur sudah pasti  dimakan setiap hari.

Banyak dari orang tua kita di masa lalu yang  memang sudah mengenal dan mengkonsumsi rokok, yang menjadi salah satu faktor penyebab penyakit tak menular. Tapi, banyak dari mereka yang bahkan umurnya bisa lebih panjang dari kita yang sekarang ini. Ya, tentu saja karena meski mereka merokok, mereka melakukan berbagai aktivitas fisik yang cukup, pola makan yang lebih sehat, dan stres yang lebih sedikit.

Makanya, jika sekarang kita memiliki kondisi tubuh kurang sehat, coba tengok apa yang kita lakukan dan konsumsi sehari-hari sudah baikkah? Jangan hanya salahkan salah satu faktor seperti rokok saja, pola makan saja, atau aktivitas fisik yang kurang, tapi keseluruhan.

Jika perokok dan tak bisa berhenti, maka hharus memiliki pola konsumsi dan pola hidup yang sehat. Seimbangkan dengan buah dan sayur serta aktivitas fisik yang cukup. Maka, kekebalan tubuh tak akan begitu bermasalah.

Begitu pula sebaliknya, meski anda bukan perokok jangan hanya menjalani hidup seenaknya. Polusi dan penyakit ada di mana-mana. Tetap seimbangkan pola konsumsi dan aktivitas fisik. Karena tetap saja kedua hal tersebut adalah hal yang dasar dan penting.

Intinya, jangan sampai pola hidup anda merusak daya tahan tubuh anda. Belum tentu yang tidak merokok itu bisa lebih sehatdari pada para perokok. Keduanya memiliki faktor risiko terkena berbagai penyakit.