Djarum 76 Madu Hitam
Uncategorized

Djarum 76 Madu Hitam; SKT Elegan

Djarum 76 Madu Hitam, saya langsung tertarik dengan rokok itu ketika pertama kali mendengarnya. Walau cukai terus-menerus naik setiap tahun, tetapi setiap tahun juga, muncul banyak variasi rokok murah dan legal tentunya. Rokok ini salah satu contohnya.

Varian terbaru keluaran pabrikan asal Kudus ini diluncurkan pertama kali pada bulan November tahun lalu. Saat pertama kali diluncurkannya pun, banyak orang yang langsung mencarinya, termasuk saya. Namun sayang, di daerah tempat tinggal saya, rokok unik ini sedikit langka. Hanya beberapa warung yang menjualnya dan stoknya pun masih terbatas.

Saya masih ingat betul, pertama kali mencoba rokok Djarum 76 Madu Hitam ini pada minggu kedua bulan November. Saat itu rokok 76 Madu Hitam ini sudah tersedia di warung langganan saya, namun hanya tersedia 2 bungkus saja. Tak pikir panjang, saya beli 2 bungkus. Alias saya borong.

Desain bungkus rokok Djarum 76 Madu Hitam ini terkesan elegan dan mewah untuk rokok dengan jenis SKT. Warna hitam dop yang mendominasinya, ditambah dengan aksen shape sarang lebah (hewan penghasil madu) berbentuk hexagonal yang bewarna emas, membuat bungkus rokok ini terlihat semakin ciamik.

Baca Juga:  Penuturan Bung Karno Soal Cengkeh dalam Pusaran Kolonialisme

Logo Djarum 76 yang biasanya berbentuk bulat, bentuknya berubah menjadi hexagonal. Bentuk tersebut menjadikan Djarum 76 Madu Hitam ini lebih totalitas untuk menunjukan bahwa “ini lho rokok rasa madu!”. Pada bagian belakang bungkus, Djarum lebih menekankan lagi bahwa rokok ini dibalut dengan madu alami dengan terdapat tulisan “Dengan madu hitam alami, memberikan kenikmatan citarasa asli nusantara.” Secara keseluruhan, bungkus rokok ini terkesan solid. Desainnya bagus dan elegan.

Wangi aroma madu hitamnya sudah terasa saat kita buka plastik pembungkus batangnya. Wangi madunya itu terasa tebal namun tidak berlebihan. Untuk bentuk batangnya, rokok 76 Madu Hitam ini miriplah dengan bentuk batang seperti rokok SKT pada umumnya. Batangnya yang berbentuk mengerucut (conus), papirnya bewarna putih dan hanya terdapat tulisan Djarum 76 melingkar di batasan hisapnya.

Soal rasa, menurut saya rasa dasarnya itu masih terbilang mirip dengan rokok Djarum 76 yang reguler. Rasa madu hitamnya muncul, namun tidak sekuat aromanya. Rasa manis, gurih, pahit dan pedasnya cukup seimbang. Secara keseluruhan rasa rokok ini bisa dibilang enak, pakai banget. Untuk ukuran SKT, tarikannya halus, dan nyaman di tenggorokan.

Baca Juga:  4 Pabrik Rokok Tertua di Indonesia

Untuk harganya, rokok Djarum 76 Madu Hitam ini dibanderol dengan harga Rp 13,000 per bungkus isi 12 batang. Namun itu harga sebelum cukai resmi dinaikan ya, Lur. Kemungkinan sih harganya di tahun ini naik menjadi sekitar Rp 14,000 hingga Rp 15,000. Harga yang masih bisa dibilang terjangkau, mengingat semua harga rokok bakal naik pada tahun ini.

Kalian sudah coba?

Videographer , Komunitas Kretek
Penulis di Komunitas Kretek

You might also like